» » Kapal Nelayan Karam, 4 ABK Tewas



Ilustrasi kapal karam.

KRAKATAURADIO.COM, SUMUR - Kapal motor jenis Kron Maritim III (tiga) karam dan nyaris tenggelam di perairan Sumur sekitar Ujung Kulon, pada Sabtu (17/09/2016) sekitar pukul 23.00 WIB. Dari 12 Anak Buah Kapal (ABK) yang ada dalam kapal tersebut, empat diantaranya tewas dalam musibah tersebut.

Mayat korban berhasil ditemukan petugas SAR dibantu nelayan setempat. Sedangkan sisanya berhasil di selamatkan, meski dalam kondisi pingsan. Menurut informasi, ke empat korban tewas itu adalah Diksa (35), Said (40), Minto (40) dan Minto (19).

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kapal tersebut saat akan tenggelam pertama kali ditemukan oleh nelayan yang menggunakan kapal motor Cakalang, pada Minggu (18/09/2016) sekitar pukul 09.00 WIB. Berkat pertolongan itu, kapal berhasil ditarik ke pinggir Pulau Umang.

Diduga kapal tersebut nyaris tenggelam karena kelebihan muatan dan hasil tangkapan ikan seberat 300 ton. Namun palka atau tempat penyimpanan ikan itu mati alias tidak berfungsi.

Saat palka tidak berfungsi, seorang dari nelayan, Diksa masuk ke dalam palka. Namun, Diksa yang masuk ke dalam Palka kehabisan napas dan keracunan bau busuk ikan.

Melihat temannya terjatuh dalam Palka, nelayan lainnya, Said hendak menolong korban, namun sama jatuh ke dalam Palka. Akibatnya dua nelayan meninggal dalam Palka. Sementara dua nelayan lainnya Minto dan Minto juga meninggal dalam Palka saat hendak menolong dua temannya Diksa dan Said. Ke empat nelayan itu meninggal akibat keracunan ikan yang mengeluarkan bau busuk dalam Palka.

"Ya, akibat musibah itu, empat nelayan meninggal dan delapan lainnya selamat. Hingga Senin (19/09/2016) para nelayan itu dipulangkan ke Jakarta, karena semuanya nelayan asal Jakarta," kata Maman, tokoh masyarakat Sumur.

Kapolres Pandeglang, AKBP Ary Satriyan membenarkan adanya kejadian tersebut. Dari 12 ABK, empat meninggal dunia dan sisanya berhasil dievakuasi.

"Kejadiannya sejak Sabtu kemarin," katanya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply