» » Sudah Tahu Bahayanya Penggunaan Botol Minum Kemasan Berulang-Ulang?

Vimela - Munching berniat menghemat, tapi tahukah Moms, bahwa botol minum kemasan dapat mengakibatkan bahaya yang fatal pada kesehatan kita dan si kecil?

Siapa sih yang tidak gemas melihat botol kemasan yang jaman sekarang makin beragam bentuk dan desainnya. Pasti rasanya ingin disimpan terus ya, Moms. Kebiasaan dari banyak orang adalah mencuci dan memakai botol kemasan ini hingga berkali-kali.

Tapi perlu tahu Moms, kalau ada bahaya yang mengincar kita jika kebiasaan ini masih diteruskan. Mulai dari penurunan daya tahan tubuh, hingga yang paling fatal adalah menyebabkan kanker prostat dan payudara. Mengapa bisa seperti itu?
Pasti selalu memperhatikan bahwa setiap botol minuman kemasan memiliki tanda segitiga pada bagian bawahnya. Pada bagian tengah segitiga tersebut, terdapat kode yang merupakan spesifikasi dari kegunaan botol. Pada umumnya, botol minuman kemasan memiliki kode PET yang merupakan singkatan dari Polyethylene Terephthalate. Botol yang memiliki kode PET merupakan botol minuman yang hanya direkomendasikan untuk satu kali pakai. Artinya, setelah kita membeli dan kemudian menghabiskan isi minuman dalam botol, maka kita tidak boleh menggunakannya lagi.

Botol-botol dengan kode PET ini bisa mengeluarkan zat berbahaya yang bernama bisphenol A (BPA) dan penelitian menunjukkan jika BPA dapat meresap ke dalam makanan atau minuman dengan kode PET tersebut, bila digunakan berkali-kali.

Berdasarkan penelitian Departemen Obstetri dan Ginekologi, All India Institute of Medical Sciences (AIIMS), BPA dan menimbulkan masalah kesehatan seperti gangguan perkembangan, kekebalan tubuh, meningkatkan tingkat keguguran, kelahiran prematur, dan berat lahir rendah.

Selain itu, BPA bertindak sebagai faux-estrogen dan dapat menyebabkan kelainan kromosom, cacat lahir dan cacat perkembangan di dalam rahim dan masa kanak-kanak. Hal ini akan semakin parah jika botol tersebut digunakan untuk menyimpan air panas atau hangat.

Ternyata tidak hanya BPA, botol minuman kemasan berkode PET juga mengandung phthalates yang digunakan untuk membuat plastik jadi lentur. Hal ini akan berdampak pada penyakit lainnya seperti kanker lever, menurunkan jumlah sperma, juga masalah reproduksi lain.

Nah moms, sudah tahu kan bahaya yang akan mengancam kita dan si kecil bila menggunakan botol air kemasan berulang-ulang. Lebih baik memilih bahan yang aman, seperti botol minum dari Thermos, yang juga memiliki bentuk dan gambar-gambar yang lucu untuk si kecil.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply