BMKG: Waspadai Cuaca Ekstrem Tiga Hari ke Depan


Ilustrasi cuaca buruk dan angin kencang.

KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Deputi Bidang Meteorologi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Yunus S. Swarinoto menyampaikan adanya indikasi potensi hujan lebat disertai kilat, petir, dan angin kencang di sebagian wilayah Indonesia selama tiga hari ke depan, sejak tanggal 24 sampai 26 November 2016.

“Hal ini terlihat dari pantauan atmosfer terkini,” kata Yunus secara tertulis, Kamis, 24 November 2016.

Untuk pulau Jawa, wilayah yang terindikasi hujan lebat disertai petir akan menghampiri beberapa provinsi, di antaranya Banten; bagian selatan wilayah, Jakarta, Bogor, Depok, dan Tangerang; Jawa Barat bagian barat dan selatan; Yogyakarta; Jawa Tengah; dan Jawa Timur.

Sementara itu, Kepala BMKG Klas 1 Serang, Parmin mengimbau agar masyarakat waspada dan berhati-hati terhadap dampak dari cuaca ekstrem itu, seperti banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, pohon tumbang, serta jalan licin.

Selain itu, Parmin mengingatkan, bagi nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir, diimbau untuk mewaspadai potensi gelombang tinggi.

“Gelombang tinggi diperkirakan berada pada 2,5-4,0 meter di Samudra Hindia selatan dan Sumatera hingga selatan Jawa,” ujar Parmin melalui sambungan telepon, Kamis (24/11/2016).

BMKG membuka layanan informasi cuaca selama 24 jam melalui call center (021) 6546318. Masyarakat juga bisa langsung mengakses www.web.meteo.bmkg.go.id. Informasi juga bisa didapat dengan langsung menghubungi kantor BMKG terdekat. (Mudofar)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.