Ingat Ya, Jangan Mengisap Langsung Ingus Anak Menggunakan Mulut

Jakarta, Karena khawatir, orang tua biasanya langsung memberikan obat saat buah hatinya pilek. Tak sedikit pula yang kemudian memutuskan untuk mengisap ingus anak langsung menggunakan mulut.

Meski dinilai turun-temurun ampuh mengatasi pilek pada anak, mengisap ingus langsung dari hidungnya menggunakan mulut orang tua justru tak disarankan oleh dokter.

Seperti disampaikan oleh dr Meta Hanindita, SpA, mulut ibu tidak steril dan justru dapat mentransfer kuman, baik dari maupun ke tubuh anak. Nah, bagaimana jika ibu memutuskan untuk menggunakan alat khusus pengisap ingus yang kini banyak dijual di pasaran?

"Menggunakan alat sebenarnya tidak apa-apa, selama digunakan secara steril atau sebelumnya disteril. Tapi ingat, harus sangat hati-hati agar hidung anak tidak iritasi," pesan dokter spesialis anak RSUD Dr Soetomo Surabaya tersebut.

Dibandingkan cara-cara tersebut, dr Meta lebih menganjurkan agar orang tua meneteskan larutan salin NaCl fisiologis ke dalam hidung anak. Cara ini bisa dilakukan supaya ingus di dalam hidung anak lebih mudah keluar.

"Atau gunakan uap minyak kayu putih atau balsam juga boleh saja," tuturnya.

Yang tak kalah penting, saat anak mengalami common cold maka orang tua harus memastikan anak banyak minum air putih. Bisa juga anak dibuat merasa nyaman, termasuk dengan memberikannya makanan atau minuman hangat.

(ajg/vit)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.