» » Wakil Bupati Tekankan Peran Penting RW Dalam Pembangunan


Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban saat memberikan sambutan dalam acara bimbingan teknis bagi ketua RW di Kabupaten Pandeglang, di hotel Mutiara Carita, Rabu (02/11/2016).

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Wakil Bupati Pandeglang, Tanto Warsono Arban menilai, peranan Rukun Warga (RW) sangat penting dalam percepatan keberhasilan program pemerintah. Peranan ini juga sebagai garda terdepan dan mitra kerja stratergis para Lurah dan Kepala Desa.

“Seorang ketua RW jangan dipandang sebelah mata karena peran dan fungsi yang turut menentukan percepatan keberhasilan penyelenggaraan pemerintah, pelaksanaan pembangunan dan sebagai pembina dan pemberdaya untuk masyarakat. Untuk itu kepada seluruh ketua RW di Pandeglang diharapkan dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas dalam pelaksaan peran dan fungsi” ujar Tanto saat membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Pemberdayaan Lembaga Kemasyarakatan Desa bagi ketua RW se-Pandeglang di Hotel Mutiara Carita, Rabu (02/11/2016).

Tanto menambahkan, RW sebagai ujung tombak pemerintahan di bawah Lurah/Kepala Desa harus tau kondisi wilayahnya, supaya secara dini dapat mendekteksi adanya ancaman dan hambatan.

Harus adanya sinkroninasasi antara RT, RW dan Kepala Desanya dalam hal apapun agar bila ada setiap kondisi yang menganggu ataupun menghambat dapat di minimalisir. Selain itu bila ada setiap warga pendatang baru dari luar daerah harus langsung di data agar mereka mempunyai kejelasan data diri, sambungnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Pandeglang, Ramadhani menjelaskan, tujuan Bimtek yang mengundang 180 orang para RW dan Kepala Seksi Kecamatan di seluruh Pandeglang ini untuk memberikan pencerahaan kepada lembaga masyarakat di desa dalam hal ini RW untuk lebih aktif dalam melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan pembangunan di desanya.

“Diharapkan ketua RW harus membina warganya agar aktif juga dalam pembangunan di desanya, tidak boleh hanya menonton, karena disitu fungsi RT maupun RW membina masyarakat dan membantu Lurah/Kadesnya, katanya. (Mudofar/Setda Kabupaten Pandeglang)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply