» » Awan Membentuk Tornado Gegerkan Pandeglang, Ini Penjelasan BMKG


Fenomena awan di langit Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Jumat (16/12/2016). Foto Facebook Kang Tole.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Awan berbentuk seperti tornado muncul di langit Mandalawangi, Kabupaten Pandeglang, Banten, Jumat (16/12/2016). Awan itu sempat diabadikan oleh warga setempat. Dari foto yang beredar di media sosial Facebook, terlihat awan berbentuk meruncing ke bawah. Kondisi cuaca saat itu mendung, namun tidak hujan.

Dalam sekejap, foto awan tegak lurus pun bersebaran di situs jejaring sosial Facebook, Twitter dan BlackBerry Messenger (BBM) warga. Dalam foto tersebut, tampak awan meruncing kebawah, seperti awan tornado terlihat jelas dilangit mendung.

Dalam foto lainnya, para pengendara sepeda motor, sengaja berhenti sejenak untuk menyaksikan fenomena alam itu. Tak ayal, awan unik itu itu menjadi perbincangan hangat di tengah masyarakat.


Takjub bercampur cemas menyungkup perasaan warga begitu menyaksikan gugusan awan panjang membelah langit.

Kepala Badan Metereologi, Klimatologi dan Geo­fisika (BMKG) Klas 1 Serang, Parmin mengatakan, fenomena tersebut merupakan hal yang normal mengingat potensi cuaca ekstrem masih akan terjadi dalam beberapa bulan kedepan.

“Itu hal yang wajar, hal biasa, karena itu akan terjadi puting beliung di laut. Itu hal biasa, sehingga terjadi awan yang berpotensi terjadi petir, kemudian terjadilah angin puting beliung, tapi dilaut, itu wajar lah,” ujarnya melalui sambungan telepon.

Menurut dia, fenomena tersebut hanyalah fenomena alam biasa. Dia meyakini awan tersebut kemungkinan besar masih akan terjadi kembali.

“Masyarakat harap tenang, gak perlu diresahkan. Ada kemungkinan masih bisa terjadi, karena sekarang kan musim penghujan. Makanya saya mengimbau kepada masyarakat yang di pesisir harus hati-hati dan waspada dengan adanya angin kencang,” tegasnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply