» » Rawat Peralatan Dapur Dengan Benar Agar Awet & Tak Mudah Rusak

Bekas masakan yang lengket di panci adalah salah satu hal yang menyebalkan. Selain sulit dibersihkan, sisa lengket itu bisa menjadi sumber penyakit. Memasak pun jadi ogah-ogahan deh Ladies. Sebenarnya membersihkan dan merawat peralatan dapur macam ini tidaklah sulit kok. Kamu cukup menguasai beberapa tips sederhana perawatannya seperti yang dilansir dari Phillips yang merupakan produsen peranti masak dan perlengkapan rumah tangga internasional.

Dalam panduan merawat peranti dapur, perawatan yang keliru bisa membuat peralatan berakhir masa pakai sebelum waktunya. Sebaliknya, perawatan yang tepat akan mampu memperpanjang usia umur si peranti. Selain itu listrik pun jadi lebih hemat. Adapun panduan mudahnya sebagai berikut:

1. Blender

Setelah digunakan, tabung dan blade dicuci menggunakan pembersih dan air, lalu dikeringkan. Untuk bagian mesin cukup dibersihkan dengan menggunakan lap.

"Blender Phillips punya fitur keamanan yaitu dia tidak akan menyala jika wadahnya tidak dipasang. Jadi aman apabila anak-anak tanpa sengaja menyalakannya," kata Senior Marketing Manager, Domestic Appliances, Phillips Personal Health Indonesia, Maria Simanjuntak, di Thamrin Nine Ballroom, Jakarta, Kamis 8(/12).

2. Rice Cooker

Usai dipakai, rendam wadah rice cooker beberapa waktu dengan air. Cuci bersih dengan sponge lembut. Lap bagian dalam tutup rice cooker dengan lap lembap, buang sisa air pembuangannya, dan bersihkan.

3. Kompor listrik

Bersihkan dengan lap lembap dan kering hingga ke sela-sela setiap kali habis digunakan. Hindari meletakkan kompor listrik di dekat air.

Phillips sendiri memiliki varian kompor listrik yang praktis digunakan di rumah modern. "Kompor ini dayanya 1.200 watt," tambah Maria.

4. Mixer

Setelah digunakan, bersihkan badan mixer dengan kain lembap, bersihkan pemutar adonan dengan air sabun cuci hingga ke sela-sela. Buka penjepit roda gigi lalu bersihkan dan lumasi dengan pelumas minimal setahun sekali.

Nah, tidak sulit kan Ladies? Dengan begini semua peralatan dapur akan jauh lebih awet dan tak mudah rusak. Jika peralatan dapur senantiasa bersih maksimal tentu acara memasak akan jadi sangat menyenangkan bukan. Semoga informasi ini bermanfaat.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply