» » Bupati Janji Akan Tangani Fitriyani, Gadis Penderita Gizi Buruk



Bupati Pandeglang, Irna Narulita saat menjenguk Fitriyani, gadis penderita gizi buruk di Kecamatan Jiput, Kamis (02/02/2017). Foto Sekretariat Daerah Pandeglang
KRAKATAURADIO.COM, JIPUT - Bupati Pandeglang, Irna Narulita, sudah menjenguk Fitriyani (14) gadis yang didiagnosa mengalami gizi buruk dirumahnya di Kampung Talun RT 02 RW 05, Desa Jiput, Kecamatan Jiput, pada Kamis (02/02/2017).

Saat menjenguk, Irna memberikan bantuan uang tunai untuk pengobatan dan merehab rumah dan berjanji akan menangani Fitriyani untuk berobat.

"Ibu sangat prihatin melihat keadaan Fitri. Ini sudah menjadi tugas ibu, harus memberikan perhatian khusus kepada Fitriyani, terutama kesehatan masyarakat yang ada di Pandeglang. Maka dari itu, ibu juga sudah memerintahkan UPT Puskesmas dan Dinkes agar memberikan perhatian khusus kepada Fitri," kata Irna.


Sementara itu, Pelaksana Harian (Plh) Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Indah Dinarsiani mengatakan, penanganan terdekat harus dilakukan terhadap Fitri yakni dengan fisioterapi selama 6 bulan.

"Untuk kesembuhan sampai normal, kemungkinannya sangat kecil, dan butuh keajaiban. Maka dari itu, perlu dilakukan fisioterapi secara berkala selama 6 bulan. Sebab, pengobatannya tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat dan membutuhkan jangka waktu yang panjang," ujar Indah.

Menurut dia, persoalan lain yang dihadapi yakni masalah biaya pengobatan. Sebab, pemkab khususnya Dinkes tidak memiliki anggaran untuk membiayai pengobatan Fitri. Cara yang mungkin bisa ditempuh, yaitu menggunakan anggaran dari yayasan rereongan yang dikelola oleh Bagian Kesra, Baznas, atau dengan mengandalkan fasilitas Coorporate Social Respobillity (CSR).

"Kami tidak bisa menjamin bantuan dari pemkab, karena anggaran dari APBD tidak ada. Untuk sementara ini, dinkes telah mengarahkan puskesmas setempat untuk memberi penanganan semampunya dengan memberi asupan makanan tambahan," ucapnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply