» » Rajin Bersihkan, 5 Area Dapur Ini Ternyata Jadi Area Paling Jorok

Pastikan untuk selalu membersihkan dapur setiap hari, karena bagaimana pun, dapur adalah bagian paling kotor di rumah setelah kamar mandi. Tapi untuk lebih spesifik, ada beberapa spot yang sangat kotor dan mungkin tak pernah kamu sadari.
Beberapa spot dapur ini bisa jadi sumber penyakit jika kamu lupa atau jarang membersihkannya. Jadi, pastikan untuk lebih perhatian dengan area-area ini ya.
  • Tempat cuci piring

    Tempat ini adalah bagian lembap dan disukai kuman untuk berkembang biak. Kondisi basah dan seringnya kontak dengan makanan sisa sangat sempurna sebagai tempat hidup bakteri penyebab penyakit, ungkap Kelly A. Reynolds, PhD, mikrobilogis lingkungan asal University of Arizona.
  • Busa dan spons cuci piring

    Meski memang jadi alat membersihkan peralatan dapur, tapi nyatanya benda ini juga jadi benda paling kotor di dapur. Jangan biarkan ada busa sabun dan spon yang didiamkan sekian lama. Tercampurnya kotoran dari sisa makanan dan sabun yang digunakan tanpa dicuci bersih akan menyebabkan bau tak sedap dan bahkan bisa berlendir.
  • Kompor

    Saat memasang, ada kemungkinan makanan jatuh di area kompor dan menumpuk remah-remah sampah. Bukan hanya terlihat kotor, makanan-makanan yang jatuh dan tidak segera dibersihkan ini akan mengundang bakteri. Area kompor yang kotor termasuk bagian handle pemutar api dan kerangka besinya.
  • Handle kulkas, lemari dan oven

    Seringkali kamu lupa kalau tanganmu pun telah menyentuh banyak hal dan ikut membawa bakteri penyebab penyakit. Di saat yang sama, kamu menempelkan tangan di handle kulkas, lemari dan oven dan menyebarkan bakteri.
  • Tempat sampah

    Jangan terbiasa membuang dan mengambil plastik sampah dengan tangan telanjang. Tak peduli seberapa sering kamu mengganti plastik sampah, tempat sampah adalah rumah bakteri. Selalu cuci tempat sampah paling tidak seminggu sekali. Pakai sarung tangan jika ingin membuang sampah.
  • Jadi, pastikan jika kamu selalu membersihkan lima spot dapur di atas ya, karena seringkali dilupakan dan dianggap bersih. 

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply