» »Unlabelled » Jangan Remehkan, Jus Tempe Lebih Sehat dari Yoghurt

Walau tempe goreng menjadi lauk favorit, ternyata salah satu cara terbaik menikmati tempe ternyata ialah dijus bersama buah-buahan segar.
Guru Besar Departemen Ilmu dan Teknologi Pangan IPB yang juga Ketua Forum Tempe Indonesia (FTI), Made Astana mengatakan, prebiotik dalam tempe lebih tinggi dari yoghurt, dan akan terjaga jika diolah dengan benar. 

“Di tempe itu ada mahluk hidup, prebiotik yang kita makan berwujud mikroba dalam keadaan hidup, namanya bakteri asam laktat, seperti di yoghurt," ujar Made, pada Kompas.com saat bertemu di kediamannya, Selasa (23/5/2017).
Berbagai nutrisi dan prebiotik yang baik untuk pencernaan di tempe akan tersimpan utuh saat Anda mengkonsumsinya dengan cara dijus. Berbeda jika dimasak dengan cara digoreng yang akan menghilangkan prebiotik dan lemak nabati pada minyak kedelai.

Koordinator Produksi di Rumah Tempe Indonesia (RTI), Andri berbagi tips cara membuat jus tempe pada Kompas.com saat berkunjung ke RTI, Rabu (24/5/2017). Ia merekomendasikan tempe untuk di jus bersama buah-buahan, diantaranya kurma, mangga, sirsak, pisang, dan buah naga. Jus tempe sirsak menjadi pilihan favoritnya setiap pagi, sebagai pengganti sarapan.
Pertama yang harus dilakukan ialah memotong dadu tempe mentah, lebih baik yang masih segar atau baru dibeli.

Setelah itu tempe dikukus sekitar 10 menit, hingga air kukusan mendidih dan tempe cukup layu. Proses mengkukus tempe tersebut berguna untuk menghilangkan wangi kedelai pada tempe saat dijus. Setelah itu potongan dadu tempe tersebut dimasukan kedalam blender, bersamaan dengan salah satu buah yang dipilih tergantung selera masing masing. Jangan lupa tambahkan air secukupnya juga es batu juga perlu.

Sebaiknya tidak menambahkan gula, karena sudah ada rasa manis dari buah yang dicampurkan. Perbandingan yang digunakan ialah tempe 100 gram dengan buah sekitar 150-200 gram, dan air atau es batu secukupnya. Hidangan ini menurut Andri seperti smooties, sama sekali tak tercium kedelai dari tempe.

“Enak di jus, apalagi kalau tempenya yang segar masih fresh, dicampur buah tanpa gula. Nanti jadinya pun makin segar. Ini cocok buat buka puasa.” ujar Andri.
Nah, penasaran untuk mencobanya? Hidangan ini selain berasal dari bahan yang asli Indonesia, juga di klaim lebih baik dari yoghurt untuk kesehatan pencernaan. Soal gizi di dalamnya, tempe pun dinilai setara dengan daging sapi, ayam, dan lainnya

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply