» » Kadindikbud: Pandeglang Kekurangan 1000 Guru SD


Ilustrasi guru yang tengah mengajar.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kabupaten Pandeglang masih kekurangan tenaga pengajar untuk ditempatkan di Sekolah Dasar (SD). Kekurangan tenaga pengajar ini mencapai 1.000 orang guru kelas. Saat ini guru kelas yang tersedia di Kabupaten Pandeglang sebanyak 5.400 orang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, Salman Sunardi mengatakan, kekurangan guru kelas ini untuk ditempatkan di beberapa Kecamatan, seperti Kecamatan Patia, Picung, Cikeusik, Sumur, Pagelaran, dan Cibitung.

Salman menambahkan, sebagai antisipasi agar tidak menghambat jalannya proses belajar mengajar, akhirnya pihak sekolah setempat memberdayakan para Tenaga Kerja Kontrak (TKK) atau Tenaga Sukarela (TKS).

“Ini merupakan upaya yang dilakukan sekolah yang masih kekurangan guru kelas, lantaran masih kekurangan guru Pegawai Negeri Sipil (PNS). Namun honor untuk para TKS memang ada peruntukannya dari dana Biaya Operasional Sekolah (BOS),” ungkapnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang tengah menjalin kerjasama dengan beberapa universitas ternama di Indonesia diantaranya Universitas Pendidikan Indonesia (UPI). Kerjasama tersebut saat ini sudah ditindaklajuti, dengan lima (5) poin yang menjadi fokus pengembangan pendidikan.

“Lima poin tersebut yaitu Pemerataan dan Pemetaan Guru, Peningkatan Kesejahteraan PTK terutama pada daerah terdalam, Pengembangan model pembelajaran unggulan, Peningkatan capacity building PTK, Pembinaan dan pengawasan secara berkelanjutan sustainable,” jelasnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply