» » Tertawa Dapat Menyembuhkan Sakit Mag

Tertawa merupakan ekspresi dari kebahagiaan seseorang. Ketika tertawa, seseorang merasa terlepas dari penat-penat yang dimiliki. Namun tidak hanya itu, ternyata tertawa memiliki manfaat yang luar biasa pada kesehatan seseorang.

Pasien sakit mag harus memperhatikan pola hidup dan asupan makanannya sehari-hari. Namun tidak kalah penting untuk mengutamakan pikiran yang selalu positif dan tidak tertekan pada suatu hal, atau yang dikenal dengan stres.

"Jangan lupa, faktor sakit mag bukan hanya soal makanan, tapi juga faktor dari pikiran. Jangan sampai banyak stres, semakin banyak stres keluhan magnya makin banyak muncul," ujar dr Hendra Nurjadin, SpPD-KGEH dari RS Mayapada Tangerang kepada detikHealth.

Terkait dengan stres, menurut berbagai penelitian tertawa dapat mengurangi stres. Seperti penelitian yang dilakukan oleh dr Lee Berk dan dr Stanley Tan di Loma University yang terletak di California, Amerika Serikat, bahwa tertawa dapat mengurangi tingkat hormon stres. Pengurangan hormon stres dapat menyebabkan kinerja sistem kekebalan tubuh meningkat.

Dilansir dari Everyday Health bahwa tertawa memiliki manfaat pada kesehatan mental dan fisik. Salah satu dari banyak manfaat tertawa adalah dapat melawan hal negatif yang dapat menyebabkan depresi. Sebagai bonus tambahan, orang yang sering tertawa dapat mengurangi rasa kesepian dan lebih positif terhadap dirinya sendiri.

Ketika Anda tertawa, terjadi peningkatan aliran darah yang kaya oksigen ke dalam tubuh Anda dan pelepasan hormon endorfin, hormon tersebut yang menciptakan perasaan bahagia serta menghambat perasaan dan tekanan negatif.

Maka dari itu, pasien sakit mag sangat dianjurkan untuk meningkatkan selera humor agar selalu tertawa. Dengan melakukan hal-hal kecil seperti menonton film lucu, menonton komedi situasi, bermain dengan balita yang lucu, ataupun bersenda gurau dengan keluarga maupun teman.

Dengan tertawa Anda dapat menghilangkan stres dan sakit mag tidak mudah muncul atau bahkan dapat sembuh.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply