» » Agar Tetap Langsing Setelah Lebaran, Ikuti Saran Ahli Gizi Ini

Momen lebaran menjadi waktu yang sangat pas untuk memanjakan lidah dan perut. Ada banyak sekali hidangan khas lebaran yang sayang untuk dilewatkan. Rasanya nggak pernah bisa berhenti makan dan menikmati aneka hidangan lezat yang ada.

Cuma kita sering lupa kalau makanan yang biasa disajikan saat hari raya lebaran banyak mengandung santan, contohnya saja opor ayam dan rendang. Mengonsumsinya berlebihan bisa membuat berat badan melonjak naik pasca lebaran. Wah, nggak mau dong berat badan yang tadinya sudah ideal jadi gemuk? 

Nah, agar tidak menyesal di kemudian hari, Winda Ekayanti, MND, APD, seorang ahli gizi punya tips sederhana yang bisa dicoba untuk menjaga tubuh tetap langsing usai lebaran. Menurutnya, kunci hanya satu yaitu self-control seperti batasi jumlah makan, pilih jenis makanan, atur makan, serta tidak ngemil berat sebelum tidur.

Winda menyarankan untuk pilih makanan yang tidak terlalu berlemak dan manis, serta kurangi asupan garam. Jam makan pun harus tetap teratur, mulai dari sarapan, makan siang, makan malam. Namun yang perlu diperhatikan ialah usahakan untuk tidak makan 2-3 jam sebelum tidur.

"Makanan yang digoreng sebaiknya dikurangi, bukan tidak boleh makan gorengan, makanan berlemak atau manis tapi hanya mengurangi porsinya saja. Jangan terlalu banyak minum sirup. Disarankan untuk ngemil yang tinggi serat seperti buah," ujar Winda saat dihubungi tim Vemale.com.

Jika sudah mengontrol makan, jangan lupa untuk berolahraga. Menurut Winda, tak harus selalu melakukan olahraga yang berat, cukup dengan berjalan kaki atau melakukan aktivitas fisik ringan selama 30 menit per hari untuk menjaga kestabilan berat badan. Pada dasarnya untuk menjaga berat badan tubuh tetap ideal dan stabil, nggak harus menyiksa diri kok.

Itu tadi tips mudah yang bisa kamu ikuti untuk menjaga berat badan tetap stabil setelah lebaran. Semoga infonya bermanfaat, ya ladies.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply