» » Ketua LPA: Seluruh Pihak Harus Melindungi Anak


Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Pandeglang, M. Kholid (tengah) beserta pengurus LPA saat talkshow di Krakatau Radio, Senin (24/07/2017).

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Ketua Lembaga Perlindungan Anak (LPA) Kabupaten Pandeglang, M. Kholid meminta agar masyarakat ikut turut serta menjaga anak, dan melaporkan kepada pihak berwajib jika ditemukan adanya kekerasan terhadap anak.

“Saya kira persoalan ini penting. Pada persoalan perlindungan anak ini harus semuanya ikut terlibat jadi jangan sampai kita kecolongan. Kita merasa kita sedang berjuang untuk melakukan perlindungan anak tetapi kemudian ternyata tetangga kita melakukan hal itu (kekerasan terhadap anak). Hal yang terpenting adalah bagaimana masyarakat kita, itu harus melihat yang ada disekitarnya,” ujar dia.

Menurut dia, pada momentum Hari Anak Nasional (HAN) yang jatuh pada 23 Juli, seharusnya menjadi momentum semua pihak untuk meningkatkan partisipasi dan kepedulian terhadap anak sesuai dengan amanah Undang-undang nomor 35 tahun 2014 tentang perubahan atas Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindingan Anak.

Sementara itu, Ketua Pandeglang Care Movement (PCM), Aang Ahmed berharap agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang dapat memenuhi hak-hak anak. Selain itu, Pemkab juga diminta agar memperhatikan kondisi anak yang berada di wilayah pedalaman Pandeglang.

“Mereka punya hak yang sama yang dijamin oleh Undang-undang. Kalau masih banyak yang seperti ini, ada disparitas antara anak yang ada di kota dengan anak yang ada di wilayah pedalaman,” kata dia.

Selain itu, Pemkab Pandeglang juga diminta untuk memenuhi sepuluh hak anak Indonesia, diantaranya hak untuk bermain, hak untuk mendapatkan pendidikan, hak untuk mendapatkan perlindungan, hak untuk mendapatkan nama atau identitas, hak untuk mendapatkan status kebangsaan.

Selain itu hak untuk mendapatkan makanan, hak untuk mendapatkan akses kesehatan, hak untuk mendapatkan rekreasi, hak untuk mendapatkan kesamaan dan hak untuk memiliki peran dalam pembangunan. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply