» » Menghilangkan Lendir dan Bau Amis Ikan Lele, Tipsnya Simpel!

Saat akan mengolah atau memasak ikan lele, kita akan disibukkan dengan membuang isi perutnya dan menghilangkan lendirnya. Menghilangkan lendir pada ikan lele kerap jadi hal yang cukup menyulitkan. Proses pengolahan bisa terhambat karena lendirnya yang membuat lele sangat licin saat dipegang.
Untuk menghilangkan lendir dan bau amis ikan lele, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut tips dan trik simpel yang bisa dicoba untuk mengatasi masalah tersebut.
Pakai Tepung Terigu
Setelah ikan lele dicuci bersih dan dibuang kotorannya, baluri dengan tepung terigu. Baluri sambil diremas-remas. Baru setelah itu cuci lagi dengan air mengalir sampai bersih. Permukaan kulit ikan akan lebih kesat dan mudah diolah.
Pakai Air Asam dan Garam Kasar
Gunakan air rendaman asam dan garam kasar secukupnya untuk membaluri ikan lele. Jangan lupa untuk meremas-remasnya secukupnya, lalu cuci bersih sebelum diolah.
Pakai Air Jeruk Nipis dan Garam
Cara ini juga ampuh untuk mengatasi lendir dan bau amis ikan lele. Tinggal siapkan air perasan jeruk nipis secukupnya dan dicampur dengan garam. Kemudian baluri permukaan ikan lele secara merata dengan campuran tersebut. Bisa juga direndam selama 10 menitan untuk memastikan bau amisnya hilang terlebih dahulu.
Pakai Kunyit dan Garam
Ulek kunyit dan garam secukupnya sampai halus. Tambahkan sedikit air dan gunakan campuran ini untuk melumuri tubuh lele sebelum digoreng. Cara ini akan memberikan rasa yang lebih gurih pada ikan lele yang akan digoreng. Jadi kalau sekiranya akan mempengaruhi resep dan rasa, mungkin kamu bisa pilih alternatif atau cara yang lain
Pakai Daun Jambu Biji dan Garam
Cara ini juga bisa membuat ikan lele jadi lebih kesat. Sobek-sobek daun jambu biji dan campur dengan garam kasar. Gunakan untuk menggosok permukaan kulit ikan lele untuk menghilangkan lendirnya.
Nah, itu tadi sejumlah cara yang bisa dicoba untuk menghilangkan lendir dan bau amis ikan lele. Semoga bermanfaat, ya.

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply