» » SDN Sorongan 2 Diajukan Direhab Tahun Ini


Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, Salman Sunardi (baju batik di tengah) saat mengunjungi SDN Sorongan 2 di Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang.

KRAKATAURADIO.COM, CIBALIUNG - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pandeglang, Salman Sunardi mengatakan, Sekolah Dasar Negeri (SDN) Sorongan 2, yang berlokasi di Kampung Lewi Malang, Desa Curug, Kecamatan Cibaliung, Kabupaten Pandeglang, sudah diajukan untuk bisa direhab pada tahun ini kepada pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

“Keterkaitan dengan sarana dan prasarana tersebut, kami tindaklanjuti dengan tim tata kelola mengusulkan ke (pemerintah) pusat supaya mereka bisa membaca keberadaan kami disini. Kami sudah melakukan komunikasi dan perencanaannya kami inginkan tahun 2017 ini bisa tercover,” ujar dia kepada Krakatau Radio.

Sebelumnya, kondisi SDN Sorongan 2 menjadi viral di media sosial setelah salah satu media massa ternama mengekspos sekolah yang kondisi bangunannya tidak layak tersebut.

Salman sendiri mengaku sudah melihat langsung kondisi SDN 2 Sorongan akhir pekan lalu. Kedatangan Salman untuk mengetahui langsung kondisi gedung sekolah. Dengan meninjau langsung ke lapangan, pihaknya menampung aspirasi untuk rencana membangun sekolah tersebut.

Seperti dilansir detik.com, SDN Sorongan 2 dibangun dari bilik bambu dan beratapkan rumbia. Total muridnya hanya ada 24 orang. Mulai dari kelas 1 sampai dengan kelas 4.

Perjuangan ke sekolah ini pun cukup lumayan. Ada dua sungai besar yaitu Cibaliung dan Cikalong yang mebuat sekolah ini terisolir. Jika kedua sungai itu meluap, sekolah kadang diliburkan karena rakit yang hanyut atau banjir.

Di SD ini, hanya ada dua ruangan dengan satu papan tulis. Lantainya pun hanya dari tanah dan bilik yang bolong di mana-mana. Beberapa meja bahkan reot. Tidak ada perpustakan apalagi buku pelajaran.

Satu ruangan digunakan kelas 1 dan kelas 3 SD. Ruangan yang lebih besar digunakan untuk kelas 4 yang jumlah muridnya ada 13 orang. Satu papan bor untuk menulis hanya ada satu, di sampingnya ada meja guru yang juga sudah ringkih.

Saat ini, SD Sorongan 2 hanya diajar oleh dua orang. Satu guru merangkap sebagai kepala sekolah dijabat oleh Pak Murtani yang 5 bulan lagi akan pensiun. Ia dibantu oleh saudaranya bernama Diah yang kebetulan membantu mengajar bergantian. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply