» » Pemkab Siapkan Aplikasi Pengaduan Masyarakat Bernama “Bebeja”



Ilustrasi.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, berencana akan melauching command centre atau ruang kendali darurat pada saat merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke 72 di tanggal 17 Agustus 2017 nanti.


Dalam launching atau peluncuran tersebut, akan dibarengi dengan launching sebanyak 17 aplikasi. Diantaranya terdapat aplikasi khusus untuk menampung aduan masyarakat. Aplikasi tersebut dinamakan “Bebeja” (memberitahu).

Kepala Bidang (Kabid) Telematika pada Dinas Komunikasi Sandi dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang, Nandar Suptandar menuturkan, aplikasi bebeja merupakan sebuah aplikasi yang menampung keluhan, pengaduan, kritik atau saran dari masyarakat yang ingin disampaikan kepada Pemkab Pandeglang.

“Jadi bebeja itu adalah aplikasi pengaduan masyarakat terhadap hal yang berkaitan dengan kondisi Pandeglang. Misalnya ada masyarakat ada informasi jalan rusak, nah jalan rusak itu difoto. Nah nanti langsung masuk ke command centre pada saat itu juga real time dan itu akan segera di follow up dengan SKPD terkait,” kata dia.

Nandar menjelaskan, dengan adanya aplikasi tersebut, masyarakat tidak harus menunggu lama untuk menyampaikan informasi kepada Pemerintah karena akan informasi akan langsung dikirim kembali kepada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang membidangi permasalahan yang dikirim oleh masyarakat.

“Jadi gak harus nunggu lama-lama. Insha Allah kalau komitmentnya kuat terutama antara masyarakat dengan pemerintah ini bisa berjalan baik. Nanti kalau masyarakat mengadu itu harus betul, gak bisa ngarang,” tambahnya.


Ia mencontohkan, masyarakat yang akan mengadu, misalnya permasalahan jalan, maka masyarakat harus memfoto di lokasi jalan yang rusak tersebut. Selain difoto juga bisa melampirkan video.

“Misalnya jalan darurat di Saketi melaporkan di Pandeglang, nah itu ketahuan karena posisi yang melaporkan itu ketahuan pada saat itu. Ini salah satu saluran selain banyak lagi yang lain lewat SMS juga tetap jalan, terus pengaduan manual lewat surat juga tetap jalan naj ini aplikasi yang dikhususkan untuk para pengguna gadget yang berbasis android,” imbuh dia.

Aplikasi tersebut, tambah dia, akan bisa didownload pada saat peluncuran command centre yang akan dilakukan pada tanggal 17 Agustus 2017 mendatang. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply