» » Penyebab Kebakaran Karena Kelalaian Pemilik Rumah


Ilustrasi penyebab kebakaran.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak 7 musibah kebakaran sudah terjadi di Kabupaten Pandeglang selama tahun 2017 ini. Dari data yang dihimpun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pandeglang, 7 peristiwa kebakaran tersebut rata-rata berasal dari korsleting listrik dan dari kompor gas yang meledak.

Kepala BPBD Pandeglang, Dadi Supriyadi mengatakan, penyebab utama dari peristiwa kebakaran di Kabupaten Pandeglang, dikarenakan adanya pemakaian berlebihan dari listrik sehingga menyebabkan korsleting pada listrik. Selain itu penyebabnya, tambah Dadi, dari alat memasak dan dari kompor gas yang meledak.

“Pada umumnya memang kalau accident itu rata-rata kelalaian, pertama dari korsleting listrik, kedua dari alat memasak itu dari dapur, kompor meledak dan terakhir sangat jarang sekali itu orang lagi ngerokok, tiduran di tempat tidur akhirnya dia sampe meninggal,” ujar dia, Selasa (05/09).

Dadi menambahkan, rata-rata pemakaian listrik di satu rumah sangat berlebihan, dimana satu sumber listrik digunakan untuk beberapa pemakaian. Seharusnya hal itu tidak diperbolehkan.

“Pemakaian itu tetap harus memakai ketentuan yang berlaku. Jangan sampai satu sumber listrik dipakai untuk nyolok ini itu, itu hindari. Dan kalau sudah selesai harus dicabut jangan dibiarkan karena kapasitas kabelnya gak kuat, makanya panas meleleh ya kebakar,” tambahnya.

Ia mengimbau kepada masyarakat, agar tidak memakai listrik berlebihan dan mengecek serta bila perlu mengganti selang yang digunakan pada kompor gas, bila sudah dipakai terlalu lama.

“Kebakaran itu intinya dari kelalaian, terdiri dari korsleting listrik dan dari peralatan masak kompor gas. Hati-hati untuk kompor gas juga di cek selangnya, jangan sampai selang yang sudah usang tetap dipakai. Pemakaian listrik juga, jangan satu titik dipakai untuk beberapa keperluan elektronik yang lain,” imbuhnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply