» » Cuaca di Banten Saat Ini Masuk Masa Transisi



KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Klas 1 Serang, memperkirakan saat ini wilayah Provinsi Banten dan sekitarnya tengah memasuki masa transisi dari musim panas atau kemarau ke musim hujan. Hal ini menandakan bahwa musim kemarau di Banten akan berakhir dalam waktu dekat.

Kepala BMKG Klas 1 Serang, Sugarin mengatakan, berkaca dari sebelumnya, musim hujan di Banten umumnya datang setiap Bulan September. Memasuki akhir September, hujan mulai terjadi di wilayah Provinsi Banten. Fenomena ini dinamai sebagai masa transisi perubahan cuaca dari panas ke musim penghujan.

“Pada saat transisi biasanya banyak terjadi cuaca yang cukup ekstrem, artinya curah hujannya cukup lebat kemudian banyak terjadi angin yang cukup kencang,” ujar dia kepada Krakatau Radio, Selasa (10/10).

Ia menjelaskan, kondisi tersebut diprediksi terjadi sampai dengan masuknya musim hujan, yang diperkirakan terjadi pada akhir bulan Oktober.

“Musim hujan untuk wilayah Pandeglang dan Lebak itu antara mulai tanggal 20 oktober. Secara kesimpulan di bulan November provinsi Banten masuk musim hujan,” tambah dia.

Masyarakat juga diminta terus memantau informasi dari badan prakiraan cuaca itu untuk memudahkan aktivitas harian. Sementara hujan semakin meningkat mulai Oktober. BMKG memprediksi puncak musim hujan akan berlangsung mulai Desember hingga bulan Maret 2018.

“Untuk wilayah Banten mungkin sampai Maret itu sudah masuk transisi untuk musim kemarau. Kalau ada info terkini kita akan sampaikan,” ujarnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply