» » 50 Persen Rumah Tangga Dalam Kategori Rumah Tidak Sehat


Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pandeglang, Didi Mulyadi.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Sebanyak 141.339 atau 50 persen rumah tangga di Kabupaten Pandeglang dinyatakan belum berlakukan hidup sehat atau dalam kategori rumah tidak sehat. Hal itu berdasarkan catatan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang. Menurut data, angka tersebut merupakan total dari 282.678 jumlah rumah tangga di Kabupaten Pandeglang.

Kepala Dinkes Pandeglang, Didi Mulyadi menjelaskan, ada beberapa kriteria yang mengklasifikasikan rumah sehat seperti kelayakan dari sisi jambanisasi serta lantailisasi dan ventilasi udara. Namun, kondisi itu belum sepenuhnya terpenuhi oleh semua rumah tangga di Pandeglang.

"Kalau dilihat dari kategori rumah sehat saat ini di 2017 ini baru 50 persen dan itu menyebar di masing-masing kecamatan," kata dia.

Menurut Didi, dalam sebuah keluarga rumah sehat terdapat beberapa indikator, diantaranya memastikan keluarga paham mengenai Keluarga Berencana, memberi standar pelayanan kepada ibu hamil, bayi ASI ekslusif dan imunisasi, memiliki jamban keluarga serta sanitasi yang baik.

Dinkes menargetkan pada tahun depan, dapat menekan angka rumah yang belum sehat hingga 15 persen.

"Dengan segala keterbatasan, kami akan bertahap yang penting nanti ada progres, Misalnya 10 persen, 15 persen setiap tahunnya. Yang jelas ketika kita menyatakan rumah sehat kita ingin memenuhi 12 indikator itu ada," tuturnya. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply