» » Gedung Eks Kewedanaan Sudah Direhab



Bangunan cagar budaya pendopo Labuan, kini sudah direhab. Foto diambil Selasa (28/11/2017).
KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Bangunan cagar budaya pendopo atau yang biasa dikenal sebagai sedung eks kewedanaan yang berada di Kampung Sawah, Desa Labuan, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, sudah selesai direhab oleh Pemerintah Kabupaten Pandeglang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud).

Berdasarkan pantauan, bangunan yang pada awal tahun ini kondisinya terbengkalai, kini sudah rapi. Pagar tembok dihiasi besi holo bermotiv juga telah dipasang. Cat berwarna putih mendominasi bangunan tersebut. Sementara bentuknya tidak banyak dirubah, tetap mempertahankan keasliannya.

Namun, baik diluar maupun didalam ruangan, belum dipasangan penerangan. Alhasil, jika malam tiba, bangunan ini terpantau gelap, apalagi kini gedung eks Puskesmas Labuan juga telah lama tidak berpenghuni. Selain itu, didalam ruangan nampak bekas ember cat dan peralatan lainnya belum dirapihkan.

Dalam prasasti, tertera informasi bahwa proyek perehaban tersebut masuk dalam program pengelolaan kekayaan dan keragaman budaya, berupa kegiatan rehabilitasi dan pengembangan kawasan wisata ziarah dengan pelaksana CV. Fijar Karya Pratama.


Salah satu tukang ojek yang biasa mangkal didepan eks kewedanaan Labuan, Udin mengatakan, bangunan tersebut rampung sudah sekira dua minggu yang lalu.

“Itu selesai kira-kira dari dua minggu yang lalu. Kalau kaya gini mah enak dilihatnya. Dulu mah yah gitu, sampah, belum ada pager jadi buangnya pada kesitu. Kumuh lah,” ujar dia.

Sementara itu, salah satu warga Labuan, Entong merespon baik adanya perehaban terhadap bangunan bersejarah tersebut.

“Mudah-mudahan kalau sudah direhab ini bisa digunakan oleh masyarakat untuk kepentingan yang positif, jangan hanya direhab terus gak dipakai,” imbuh dia. (Mudofar)

About Krakatau Radio 93.7 FM

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply