» » 31 Januari 2018 Ada Gerhana Bulan Total



KRAKATAURADIO.COM - Fenomena gerhana bulan total sebentar lagi bisa disaksikan masyarakat di seluruh wilayah di Indonesia. Deputi Bidang Geofisika Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dr. Ir. Muhammad Sadly mengatakan, masyarakat di Indonesia dapat menyaksikan momen gerhana bulan total pada tanggal 31 Januari 2018.

Berdasarkan rilis yang diterima, gerhana bulan total dapat diamati pada awal malam hingga tengah malam.

Dijelaskannya, fase gerhana dimulai sekitar pukul 18.49 WIB. Dalam fase tersebut masyarakat bisa melihat gerhana sebagian, dan sekitar pukul 19.51 WIB hingga 21.08 WIB merupakan puncak gerhana bulan total.

Ia menjelaskan, definisi dari gerhana bulan total adalah peristiwa ketika terhalangnya cahaya matahari oleh bumi sehingga cahayanya tidak sampai ke bulan.

“Peristiwa ini hanya terjadi pada saat bulan purnama dan dapat diprediksi sebelumnya,” tulisnya.

Sadly juga mengatakan, wilayah Indonesia yang dapat mengamati keseluruhan proses gerhana bulan total adalah Jawa Timur, Kalimantan, Sulawesi, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Maluku, Maluku Utara dan Papua.

Adapun wilayah lainnya hanya dapat mengamati sebagian dari proses gerhana bulan total seperti Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten dan pulau Sumatera. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply