» » Batubara Yang Tumpah Dikhawatirkan Berdampak Kurangi Kunjungan Wisatawan


Kondisi pantai Carita pasca material batubara tumpah akibat tongkang yang terdampar pada Kamis (11/01/2018) malam. Foto diambil pada Jumat (12/01/2018) siang.

KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Batubara yang tumpah dari tongkang yang terdampar di area pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten pada Kamis (11/01/2018) membuat pencemaran di pantai Carita.

Berdasarkan pantauan, muntahan material batubara ini membuat pantai yang jadi tujuan wisatawan untuk berlibur ini menjadi hitam dan pekat karena tertutup oleh batubara.
Tak ayal, pemandangan ini berpotensi akan berdampak terhadap kunjungan wisatawan yang akan berlibur pada akhir pekan.


Salah satu pengurus Persatuan Hotel dan Restorant Indonesia (PHRI) Kabupaten Pandeglang, Sunaryono meminta agar pihak pemilik tongkang bertanggungjawab terhadap kondisi pantai Carita.

“Kalau saya sangat menyayangkan dengan banyaknya batubara di kawasan wisata pantai Carita ini. Jadi saya harap ada pihak yang bertanggungjawab untuk membersihkan tumpahan batubara disepanjang pantai Carita ini karena dampaknya sangat mengganggu bagi pengunjung pariwisata yang akan berenang dipantai,” ujar dia.

Selain itu, ia mengharapkan agar material batubara yang tumpah agar segera dibersihkan, agar tidak berpengaruh terhadap kunjungan wisatawan.

“Intinya kita minta penanggungjawab dari pemilik batubara segera membersihkan pantai supaya besok udah bersih seperti semula karena pengunjung tahunya pantai Carita itu bersih tidak ada seperti ini, ini dampaknya sangat luar biasa terhadap pariwisata,” tambah dia.

Saat ini pihaknya tengah berkordinasi dengan pihak terkait untuk hal ini.

“Kalau ini barang belum nyampe PLTU jadi tanggung jawab pemilik (batubara,red). Pemiliknya kita belum tahu dan masih cari informasi juga siapa pemiliknya dan minta pertanggungjawabannya untuk segera dibersihkan,” tandasnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply