» » Hujan Lebat Berpotensi Terjadi Dalam 3 Hari Kedepan



Banjir yang terjadi di Desa Kalanganyar, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (07/03/2018).

KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Berdasarkan perkiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) potensi hujan lebat meningkat dalam 3 hari kedepan, dimulai dari tanggal 07 Maret sampai dengan 10 Maret 2018. Hujan lebat ini berpotensi terjadi banjir dan longsor di beberapa wilayah Indonesia.

Deputi Bidang Meteorologi BMKG, R. Mulyono Rahadi Prabowo dalam keterangan tulis menerangkan, kondisi atmosfer saat ini hingga beberapa hari kedepan diindikasikan mengalami peningkatan dengan ditandai dan terdeteksi adanya aliran udara basah dari Samudera Hindia ke wilayah Indonesia.

Kondisi tersebut diperkirakan mengakibatkan potensi hujan dengan intensitas lebat terjadi di beberapa wilayah Indonesia, antara lain Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung.

Selain itu, wilayah Provinsi Banten pun terdampak beserta DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Tengah bagian Selatan, Kalimantan Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Maluku dan Papua Barat.

“Dengan adanya situasi potensi cuaca ekstrem ini, BMKG mengeluarkan beberapa imbauan pada masyarakat, yaitu untuk waspada potensi genangan, banjir maupun longsor bagi yang tinggal di wilayah berpotensi hujan lebat terutama di daerah rawan banjir dan longsor,” kata dia.

Ditambahkannya, masyarakat harus waspada terhadap kemungkinan hujan disertai angin yang dapat menyebabkan pohon maupun baliho tumbang/roboh, agar tidak berlindung di bawah pohon jika hujan disertai kilat/petir.

“Bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam, yaitu melalui call center 021-6546315/18, situs http://www.bmkg.go.id, akun twitter @infobmkg atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat,” tambah dia. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply