» » Keikutsertaan Anak Bupati Dalam Kunker Dinilai Tidak Pantas



Kunjungan kerja Bupati Pandeglang, Irna Narulita di Kecamatan Pagelaran, Selasa (13/03/2018). Anak pertama Bupati, Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah juga terlihat ikut dalam rombongan Bupati.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Dosen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FI­SIP) Universitas Mathla’ul Anwar (UNMA) Banten, Eko Su­priatno mengatakan, keikutsertaan putri sulung Bupati Pandeglang, Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah dalam agenda kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan Bupati Pandeglang, Irna Narulita beserta rombongan pejabat ke beberapa Kecamatan, dinilai tidak pantas secara etika publik.

Menurut penulis buku Politik Sambalado itu, meski tidak ada larangan khusus, namun dari sisi etika bisa saja hal itu dianggap tidak pantas. Namun, perilaku demikian seringkali tak disentuh oleh siapapun dan dianggap biasa-biasa saja.

Eko Supriatno.
“Ada tiga hal persoalan ini. Pertama dalam sudut pandang etika publik, menurut saya, Bupati Pandeglang telah mencampuradukkan kepentingan pribadi dengan kepentingan publik saat melakukan kunjungan kerjanya. Hal tersebut seharusnya bisa dihindari dalam setiap tugas dan kerja Bupati,” kata dia.


Selain itu, tambah Eko, frekuensi kepentingan untuk masyarakat seharusnya hanya digunakan untuk frekuensi publik, bukan malah digunakan untuk kepentingan pribadi.

“Untuk itu menurut saya, kegiatan Kunker dengan selalu memperkenalkan putrinya adalah pelecehan atas nalar publik, dan yang terakhir pejabat atau kepala daerah tidak boleh membawa anggota keluarga, yang penting konsentrasi itu dalam menjalankan tugas ke-bupatiannya. Ketika Kunker itu kan ada persoalan infrastruktur, jalan rusak, kemiskinan dan pengangguran. Itu butuh sebuah fokus dan konsentrasi dari kepala daerah itu,” tambah dia.

Sebelumnya diberitakan, Bupati Pandeglang, Irna Narulita akhir-akhir ini selalu membawa serta putri sulungnya, Rizka Amalia Ramadhani Natakusumah dalam setiap kegiatan Kunker ke Kecamatan yang ada di Pandeglang. Terakhir, Rizka terlihat ikut rombongan Bupati ke Kecamatan Pagelaran, Selasa (13/03/2018).

Setiap kali ikut rombongan, tidak lupa Irna selalu memperkenalkan putrinya tersebut kepada tamu undangan yang datang termasuk masyarakat yang hadir.

“Ini ada anak yang cantik nih, ada neng Rizka Amalia Ramadhani. Putri ibu (Irna,red) yang paling besar sekolah di Amerika pengen tahu jalan rusak ciga kumaha. Ieu teh Ica (panggilan Rizka,red),” ujar Irna saat memberikan sambutan.

Rizka sendiri dikabarkan akan mengikuti Pemilihan Legislatif (Pileg) mencalonkan sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI di tahun 2019 melalui Partai Nasdem. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply