» » Siapkan Kamera, Pandeglang Culture Festival Akan Digelar Kembali


Pandeglang Culture Festival tahun 2017 yang lalu. Dokumen Krakatau Radio.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan kembali menggelar Pandeglang Culture Festival dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) yang ke 144 tahun. Kali ini, event penampilan kesenian tari dan budaya tersebut akan digelar pada Minggu 1 April 2018 pukul 13.30 WIB.

Yang berbeda dari tahun lalu, yakni di tahun ini bukan hanya penampilan kebudayaan lokal yang yang akan ditampilkan, tetapi panitia juga mengundang kebudayaan atau kesenian dari luar daerah bahkan sampai luar negeri.


Berdasarkan informasi yang diterima, tiga negara diundang untuk mengikuti event tersebut, yakni delegasi Jepang, delegasi Republik Cekoslovakia dan delegasi Korea Selatan.

Sementara delegasi Inggris dan Belanda yang dijadwalkan akan mengikuti rangkaian kegiatan, dipastikan mengundurkan diri karena bertepatan dengan perayaan paskah di masing-masing negara. Sementara 1 delegasi lainnya yakni dari KTF Universitas Indonesia dengan tarian kontemporer.

Salah satu panitia yang juga Kepala Seksi Promosi Wisata Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang, Imron Mulyana mengatakan, selain delegasi dari negara luar, 10 Provinsi diluar Provinsi juga turut diundang untuk menampilkan kebudayaan atau ciri khas masing-masing daerah, diantaranya Provinsi Bengkulu, DKI Jakarta, Lampung, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Provinsi Papua.

“Yang berbeda itu bali, tahun kemarin gak ikut, sekarang ikut. Sasarannya adalah promosi daerah karena dengan mendatangkan orang luar ke daerah kita mereka akan lebih mengenal Pandeglang lebih dekat. Mudah-mudahan Pandeglang lebih dikenal tidak hanya di tingkat Provinsi tapi dilevel nasional dan internasional,” ujar dia.

Pria yang akrab disapa Boim ini menambahkan, karnaval busana Batik Pandeglang juga direncanakan akan turut tampil serta bersama delegasi dari Kabupaten dan Kota yang ada di Provinsi Banten. Hanya saja, untuk penampilan 35 Kecamatan yang ada di Pandeglang, hanya diwakilkan dari masing-masing zona yang terbagi kedalam 6 wilayah.

“Karena keterbatasan waktu kalau kita mulai jam 1 atau jam 2 (siang) itu bisa sampai isya (malam) selesainya. Bisa diprotes oleh MUI nanti. Jadi cukup perwakilan saja Kecamatan, terus negara 3, 1 perguruan tinggi, 1 komunitas tari, Provinsi 10, Kabupaten dan Kota 7 dan batik” imbuh dia. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply