444 Peserta Ikuti MTQ Provinsi Banten XV Tahun 2018



KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Sebanyak 444 peserta akan mengikuti acara Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV Provinsi Banten yang berlangsung 16 sampai 19 April 2018, yang dipusatkan di halaman Masjid Raya Al Bantani dan aula Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Banten di Kawasan Pusat Pemerintah Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang.

Gubernur Banten, Wahidin Halim meminta kepada seluruh masyarakat di Provinsi Banten,  untuk ikut serta dan mensukseskan gelaran Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) XV Provinsi Banten yang berlangsung 16 sampai dengan 19 April 2018.

“Tema MTQ kali ini adalah mewujudkan internalisasi nilai-nilai Al-Quran menuju masyarakat Banten bebas buta aksara Al-Quran, berkarakter dan berakhlakul karimah,” kata Gubernur.

Menurut Gubernur, MTQ merupakan media atau wahana untuk syi’ar dan dakwah agama Islam. Kegiatan ini juga menjadi momentum silaturahim bagi para santri qori- qori’ah, hafidz-hafidzoh, mufasir-mufasiroh khottot dan khottotoh.

“Ayo bersama kita sukseskan MTQ ke 15 tingkat Provinsi Banten,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua panitia MTQ XV Provinsi Banten, Prof. Sholeh Hidayat mengatakan, para peserta akan bertarung di sembilang cabang yang diperlombakan, diantaranya Cabang Tilawah, tahfidz (hafalan Alquran), tafsir Alquran bahasa Indonesia dan Inggris, syarhil Quran (pidato penjelasan isi kandungan Alquran dipadu dengan tilawah).

Selain itu cabang fahmil Quran (cerdas cermat isi kandungan Alquran), qiro’atul qutub (pemahaman dan pengkajian kitab-kitab klasik), khattil Quran atau kaligrafi Alquran (naskah, hiasan mushaf, dekorasi dan kontemporer), MMQ (kemampuan menulis dengan mengeksplorasi isi kandungan Alquran), dan cabang Hafalan Hadits.

“MTQ merupakan media atau wahana untuk syi’ar dan dakwah agama Islam. Kegiatan ini juga menjadi momentum silaturahim bagi para santri qori- qori’ah, hafidz-hafidzoh, mufasir-mufasiroh khottot dan khottotoh,” kata dia.

Tujuan MTQ lainnya, lanjutnya, sebagai ikhtiar untuk menumbuhkembangkan tradisi Magrib Mengaji serta diperolehnya kader-kader Qurani yang akan menjadi duta Banten dalam event MTQ Nasional dan Internasional. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.