» » Kondisi Jembatan Gantung Cikuya Membahayakan



Seorang ibu-ibu membawa motor dan membonceng anaknya tengah berusaha melewati jembatan gantung Cikuya, dibantu petugas Desa setempat. Foto facebook.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kondisi jembatan gantung Cikuya, yang berada di Desa Cikuya, Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Pandeglang sepanjang 50 meter dengan lebar 1 meter sangat membahayakan pengguna jembatan, dalam hal ini masyarakat.

Kondisi jembatan kayu yang terletak di Kampung Pinggir Kali, Desa Cikuya ini menjadi jalur penghubung antara Kecamatan Sukaresmi dengan Kecamatan Pagelaran.

Badan jembatan yang terbuat dari kayu dan tali penguatnya dari tambang ini terlihat sudah lapuk. Di beberapa titik, kayu yang menjadi alas sudah tidak ada dan jembatan menjadi bolong, sehingga masyarakat harus berhati-hati saat menyebrang apalagi ketika membawa kendaraan roda dua.

Salah satu warga setempat, Musa mengatakan, meski kehadiran jembatan itu lebih dari 10 tahun, namun belum pernah mendapat sentuhan pembangunan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang.

“Ya, jembatan kayu yang sudah lapuk termakan usia terus mengalami kerusakan, dan sebagian badan jembatan sudah jebol. Warga pun harus hati-hati saat menyebarangi jembatan dengan menggunakan sepeda motor,” katanya.

Menurut dia, selama ini warga berharap jembatan itu bisa segera diperbaiki, karena warga sudah bosan memperbaiki jembatan secara swadaya dan membutuhkan pembangunan jembatan secara permanen, sehingga akses penghubung antar dua Kecamatan di Pandeglang tersebut, bisa lebih baik dan juga aman untuk dilalui.

“Kami sering memperbaiki jembatan dengan cara swadaya (iuran-red) namun hasilnya kurang maksimal. Kami harap pemerintah bisa memperbaiki jembatan untuk kepentingan warga,” tambah dia.

Postingan mengenai kondisi jembatan gantung Cikuya di media sosial Facebook menjadi viral dan banyak dikomentari oleh netizen. Kebanyakan komentar bernada kecaman kepada pemerintah karena belum memperbaiki jembatan tersebut selama bertahun-tahun.

Sementara itu, Camat Sukaresmi, Atmaja Suhara membenarkan, jika kondisi jembatan gantung Cikuya sangat membahayakan. Menurut dia, usulan perbaikan jembatan tersebut selalu diajukan setiap tahunnya dalam kegiatan Musrenbang.

“Kami minta tahun ini jembatan gantung itu dibangun secara permanen, soalnya masyarakat sangat membutuhkannya,” ungkapnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply