» » Pandeglang Food Festival Siap Digelar Kembali



KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Pandeglang, kembali menggelar event Pandeglang Food Festival tahun 2018. Kegiatan yang masih dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Pandeglang ke 144 tahun ini mengangkat kuliner Otak-otak Pandeglang yang akan digelar Sabtu 28 April 2018 di Lapangan Dermaga Teluk Labuan, Kabupaten Pandeglang.

Ketua Panitia kegiatan, Widiasmanto mengatakan, tujuan diadakannya event ini untuk mendorong, mengajak dan memotivasi masyarakat khususnya yang berdomisili di sekitar destinasi pariwisata, agar melestarikan dan memperkenakan hasil budaya leluhur dari makanan khas Pandeglang yaitu otak-otak.

“Saya yakin kuliner ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk berkunjung di kawasan destinasi pariwisata, dan Pandeglang sebetulnya selain kaya dengan seni budaya, alamnya, wisata bahari, wisata religi nya, ini pendukungnya adalah kuliner. Saya pun berharap dari makanan ini akan menjadi sumber perekonomian bagi masyarakat,” kata Widi kepada Krakatau Radio.

Menurut ketua BPC PHRI Pandeglang ini, makanan khas otak-otak Pandeglang harus di expose dan di promosikan oleh masyarakat Pandeglang, karena dengan adanya promosi yang gencar, maka bukan tidak mungkin akan menjadi salah satu menu makanan andalan di Pandeglang serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Kuliner itu dinamis, selain tetap menjunjung kearifan lokal keasliannya juga dapat dikembangkan dengan berbagai variasi. Mimpi kita akan timbul seperti variasi otak-otak asli ikan tengiri, otak-otak udang, otak-otak kerang, otak-otak cumi, otak-otak daging, otak-otak ayam, otak-otak vegetarian dan bahkan bisa jadi pengemasannya mungkin dengan frozen sehingga bisa bertahan lama dan bisa untuk oleh-oleh yang selain di makan di tempat juga bisa di bawa pulang oleh wisatawan,” imbuh dia.

Dijelaskannya, untuk event Pandeglang Festival Food mendatang, akan digelar beberapa lomba dan pameran makanan tradisional, diantaranya lomba masak olahan hasil laut, pameran otak-otak terpanjang se Provinsi Banten, Bazar UMKM, donor darah, senam aerobik dan panggung seni budaya.

General Manager Hotel Tanjung Lesung ini berharap, masyarakat dapat memeriahkan kegiatan tersebut dengan tujuan melestarikan dan memperkenakan hasil budaya leluhur dari makanan khas Pandeglang.


Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pariwisata (Kemenpar) yang juga mendukung acara akbar ini. Selain didukung oleh Kemenpar, acara ini juga didukung oleh Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Banten, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Banten dan Dispar Kabupaten Pandeglang, Muspika Kecamatan Labuan dan Pemerintah Desa Teluk.


Widi memaparkan, pagelaran tersebut juga akan melibatkan para pelaku jasa wisata Hotel dan Restaurant di Provinsi Banten, industri pariwisata dan masyarakat setempat. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply