» » Terkait Perubahan Nama Dapil, Ini Jawaban Ketua KPU


Ketua KPU Pandeglang, Ahmad Suja'i.

KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pandeglang, Ahmad Suja’i mengatakan, perubahan nama Daerah Pemilihan (Dapil) yang berubah di Kabupaten Pandeglang merupakan kewenangan KPU RI yang tertuang dalam Surat Keputusan KPU RI No. 279/PL.01.3-Kpt/06/KPU/IV/2018 tentang Penetapan Dapil dan Alokasi Kursi Anggota DPRD Provinsi dan DPRD Kab Kota di Wilayah Provinsi Banten dalam Pemilu Tahun 2019.

“Sudah berdasarkan surat keputusan KPU RI itu. Sudah fix, perubahan nama aja kalau formasi kecamatannya masih sama,” kata dia kepada Krakatau Radio.


Saat ditanya mengenai alasan KPU RI merubah nama Dapil di Pandeglang, ia menyebut hal tersebut kemungkinan dilakukan karena KPU di daerah belum melakukan pemetaan Dapil sesuai dengan arahan dari KPU RI. Selain itu, perubahan nama Dapil dilakukan oleh KPU RI dan bukan hanya terjadi di Kabupaten Pandgelang saja, melainkan terjadi juga di Kabupaten dan Kota yang lain.

“Mungkin melihat usulan yang disampaikan oleh beberapa KPU daerah mungkin belum sesuai dengan yang dimaksud searah jarum jam. Kalau kita ini kan pertimbangannya memperhatikan persoalan dapil di Pemilu sebelumnya. Masalah persoalan perubahan Dapil ini kan bukan hanya terjadi di wilayah Pandeglang, terjadi pula di daerah lain,” ungkapnya.

Terkait dengan desakan agar KPU melakukan sosialisasi untuk menghindari kebingungan kepada masyarakat, ia mengaku sudah melakukan hal tersebut. Selain itu, kata dia, bukan hanya tugas KPU saja yang harus melakukan sosialisasi, melainkan Partai Politik (Parpol) juga mempunyai tugas yang sama.

“Kita sudah memberikan informasi pada publik melalui media sosial yang dimiliki KPU kan. Nanti dengan beberapa agenda kegiatan sudah kita informasikan. Kita juga sudah menyurati partai politik, seperti stakeholder terkait ya Pemda. Sebetulnya dalam hal ini yang perlu menginformasikan bukan hanya sebatas penyelenggara pemilu tetapi Parpol juga karena ini yang berkepentingan,” ujar dia. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply