» » Kemenag Gelar Sidang Isbat Sore Ini, Awal Puasa 2018 Diumumkan Usai Magrib



KRAKATAURADIO.COM - Kementerian Agama (Kemenag) akan menggelar sidang isbat untuk menentukan awal puasa 2018 Selasa (14/05/2018) sore ini. Nantinya, sidang ini menetapkan jatuhnya 1 Ramadhan berdasarkan hasil pemantauan hilal di seluruh Indonesia.

“Hasil rukyatul hilal (pemantauan bulan) dan data hisab (perhitungan) posisi hilal awal Ramadhan akan dimusyawarahkan dalam sidang isbat untuk kemudian diambil keputusan penentuan awal Ramadhan 1439 H,” ujar Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah A Juraidi seperti dikutip dari kemenag.go.id, Selasa 15 Mei 2018.

Sidang isbat sendiri dijadwalkan dibuka pukul 17.00 WIB dengan agenda pemaparan Tim Hisab Rukyat Kemenag mengenai posisi hilal akhir Sya'ban. Untuk penetapan, diambil pada sidang tertutup usai Maghrib usai mendapat laporan dari tim pemantau hilal di lapangan.

“Hasilnya disampaikan secara terbuka dalam konferensi pers setelah sidang," kata Juraidi.

Lebih lanjut, menurut dia, sidang isbat mengundang para duta besar negara-negara sahabat, Ketua Komisi VIII DPR RI, Mahkamah Agung, Majelis Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geospasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama, dan Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

“Sidang isbat merupakan wujud kebersamaan Kemenag selaku Pemerintah dengan Ormas Islam dan instansi terkait dalam mengambil keputusan, yang hasilnya diharapkan dapat dilaksanakan bersama,” ungkapnya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply