» » Jelang Lebaran, Dishub Banten dan Pandeglang Gelar Ramchek Bus di Terminal Labuan

Petugas saat melakukan pemeriksaan kendaraan di terminal Labuan, Selasa (05/06/2018). Foto kabar5.com.
KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Menjelang arus mudik lebaran Idul Fitri 1439 H, Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Banten dan Dishub Kabupaten Pandeglang, melakukan pemeriksaan kendaraan (Ramcheck) pada puluhan bus dan kendaraan angkutan kota (angkot) di Terminal Tipe A Labuan, Kabupaten Pandeglang, Selasa (05/06/2018).

Kepala Bidang (Kabid) Angkutan dan Seksi Teknis Sarana Prasarana pada Dishub Banten, Dedi Hasan mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk memastikan seluruh bus yang beroperasi layak jalan. Menurut dia, Ramcheck merupakan prosedur pemeriksaan laik kendaraan angkutan umum, termasuk fisik kendaraan beserta administrasinya dan kondisi kesehatan sopir.

“Untuk pemeriksaan administrasi, yang kami periksa diantaranya surat-surat. Dari mulai kartu trayek, SIM dan surat kelengkapan kendaraan lainnya,” kata Dedi.

Menurut Dedi, seluruh armada wajib lolos Ramcheck untuk bisa terdaftar sebagai angkutan mudik lebaran tahun ini. Ia menjelaskan armada yang dinyatakan lolos Ramcheck nantinya akan ditempeli stiker khusus sebagai tanda laik kendaraan.

“Ramchek ini memeriksa kondisi fisik kendaraan dari mulai lampu-lampu, roda kendaraan dan bagian kendaraan lainnya. Bahkan untuk administrasinya juga dilakukan pemeriksaan. Apabila didapati kendaraan yang tidak laik maka akan dipulangkan ke perusahaannya untuk diperbaiki,” ujarnya.

Sementara itu, tim penguji kendaraan bermotor Dishub Pandeglang, Dedhy Heryandhy mengatakan, Ramchek ini dilakukan mulai dari kondisi fisik kendaraan seperti lampu, roda, dan bagian kendaraan lainnya.

“Bukan hanya itu, untuk bagian administrasinya juga kita periksa. Hasilnya, kami menemukan satu unit bus jenis Murni Jaya yang tidak laik dan dipulangkan ke pihak perusahaan,” katanya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply