» » 4 Cara Mudah Menyimpan Bawang Agar Tak Mudah Busuk

Bawang menjadi salah satu bumbu dasar penting di dalam setiap masakan. Baik bawang merah atau pun bawang putih, ini selalu ada di setiap masakan dan dapur rumah kita. Sadar akan penggunaan bawang yang penting, kita pun biasa menyimpan bawang dalam jumlah besar agar setiap kali memasak kita mudah menemukan bawang di dapur. 

Ngomongin soal penyimpanan bawang, ada beberapa tips menyimpan bawang agar tetap awet, segar dan tidak busuk meski disimpan dalam waktu lama berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan. Bagaimana tips menyimpannya? 

Simpan di Tempat Terbuka & Kering
Pastikan untuk menyimpan bawang baik bawang merah, bawang putih dan bawang bombay di tempat terbuka dan kering. Bawang yang disimpan di tempat seperti ini akan tahan lama. Hindari menyimpan bawang di tempat yang basah atau lembab karena hal ini justru akan membuatnya cepat busuk atau bahkan bertunas. 

Pisahkan dari Sayuran atau Bumbu Lain
Usahakan untuk memisahkan bawang dari sayur atau bumbu lain seperti cabai. Menempatkan bawang menjadi satu dengan sayuran dan bahan dapur lain akan membuatnya cepat rusak dan busuk. Ini juga membuat tasa bawang berubah dan tak seharum seharusnya. 

Simpan Bawang yang Telah Dikupas
Mengupas bawang cukup memakan waktu. Apalagi saat kamu memasak masakan dengan porsi besar dan membutuhkan bawang dengan jumlah banyak. Untuk itu, cobalah menyimpan bawang yang telah dikupas. Simpan bawang yang telah dikupas di lemari es di wadah tertutup. Sebelum disimpan, bawang tidak perlu dikupas. Baru saat akan digunakan untuk memasak, cuci bawang dan haluskan atau iris tipis sesuai selera. 

Simpan Bawang dalam Bentuk Halus atau Diiris
Buat kamu yang suka segala hal simpel, simpan bawang dalam keadaan telah dihaluskan atau diiris. Tempatkan bawang yang telah dihaluskan di wadah botol tertutup dan simpan di freezer agar kualitasnya tetap baik. Saat kamu membutuhkannya, kamu hanya perlu mengambil bawang secukupnya kemudian mengembalikan lagi ke freezer.

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply