Jelang Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Mulai Bermunculan di Labuan

Penjual hewan ternak di Labuan, Wawan saat ditemui di lapak tempat ia berjualan di pinggir Kantor Kecamatan Labuan.
KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 H, penjual hewan kurban seperti kambing dan kerbau mulai memasarkan hewan kurbannya ke masyarakat. Harga hewan kurban sendiri bervariasi mulai Rp 1,5 juta untuk kambing sampai dengan  Rp 20 jutaan untuk hewan kerbau.

Salah satu penjual hewan kurban, Wawan mengatakan, dirinya sudah memajang hewan kurban sejak pekan lalu. Menurut dia, hewan kurban yang ia jual bisa dibeli terlebih dahulu dan dapat diambil ketika menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Silahkan warga kalau mau beli sekarang bisa disimpan disini, kami siap untuk mengurus dengan biaya gratis. Memang ada perbedaan kalau beli sekarang sama beli pas jelang hari raya,” kata dia saat ditemui dilapaknya di pinggir Kantor Kecamatan Labuan, Senin (13/08).

Ia menjelaskan, hewan ternak yang ia jual berasal dari beberapa daerah diantaranya Cianjur, Cirebon dan daerah lainnya. Adapun kendala yang dihadapi para penjual hewan ternak, kata dia, yakni menyiapkan pakan yang harus dibeli dan terkait penjagaan di malam hari karena ia menjual hewan kurban 24 jam non stop.

“Kambing yang dari lokal paling kecil, yang lain dari Cianjur, Cirebon tapi gak ada kambing Garut, alasannya karena pola makannya cuaca disana kan dingin, terus pola makannya menak, bagus. Kalau disini kan lagi kemarau begini jadi jangankan makan yang menak, rumput aja susah sampai 30 ribu perkarung,” paparnya.

Sementara untuk hewan kerbau, ia mengaku menjual seharga Rp 14 sampai dengan 20 jutaan dengan kualitas yang baik.

Meskipun hewan kurban yang ia jual belum diperiksa kesehatannya oleh Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak), namun ia menyatakan kondisi hewan kurban yang ia jual dalam keadaan sehat.

“Belum (diperiksa) biasanya H-3 baru diperiksa, tapi secara kesiapan insha Allah sudah sempurna semua kayanya bagus-bagua lah, tidak ada yang cacat,” ungkapnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.