» » Menyikat Gigi Langsung Setelah Makan Malah Berbahaya Lho

Menyikat gigi memang sangat penting demi untuk menjaga kesehatannya. Gigi yang bersih tentu akan terjaga kesehatannya. Tapi tahukah kamu bahwa ternyata langsung menyikat gigi setelah makan malah berbahaya dan bisa merusak gigimu?

Faktanya para dokter gigi di Inggris menyatakan bahwa menyikat gigi dalam rentang waktu kurang dari satu jam setelah makan bisa menyebabkan gigi lebih cepat keropos. Ini karena zat asam yang ada pada makanan akan mulai membakar lapisan di bawah enamel gigi, yaitu dentin, langsung pada saat kamu selesai makan. Nah, menyikat gigi pada saat-saat ini malah akan menyebabkan zat asam semakin masuk ke dalam dentin, dan mengeroposkan gigi lebih cepat dari waktu alaminya. Karena alasan yang sama juga kamu juga dilarang menyikat gigi langsung setelah minum kopi atau minuman beralkohol. 

“Dengan menyikat gigi, sebetulnya kamu malah menekan zat asam dari makanan dan minuman yang baru saja Anda konsumsi semakin dalam memasuki enamel dan dentin gigi Anda.” ujar Dr. Howard R. Gamble, pimpinan dari the Academy of General Dentistry dalam sebuah interview dengan New York Times.

Kamu disarankan untuk menunggu paling tidak 30 menit setelah makan. Sepanjang waktu ini gigi akan membentuk perlindungan alaminya sehingga zat asam yang memasuki dentin tidak akan terpengaruh oleh kegiatan menyikat gigi.

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply