» » Linmas Diminta Siaga Penanggulangan Bencana dan Amankan Pemilu 2019

Satuan Muspika Kecamatan Labuan foto bersama anggota Linmas usai kegiatan Apel Linmas di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Jumat (05/10/2018).
KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) diminta untuk selalu siaga dalam penanggulangan bencana alam. Selain itu, Linmas juga diharapkan dapat menjaga keamanan dan ketertiban (Kamtibmas) di masa Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Kapolsek Labuan, Kompol Supandriatna mengatakan, kesiapsiagaan Linmas sangat penting dalam menjaga Kamtibmas dan tetap siaga dalam kondisi apapun. Apalagi, moment Pemilu 2019 yang membutuhkan kesiapsiagaan semua pihak.

“Kemarin untuk gelar pasukan sudah dilaksanakan ditingkat Polres maupun tingkat Polda. Kita sendiri khususnya Kecamatan Labuan ada 160 TPS (Tempat Pemungutan Suara,red) yang mana memerlukan anggota Linmas masing-masing 2 orang, berarti ada 320 orang. Untuk itu tentunya kami mengecek dari awal, bagaimana kesiapsiagaannya sebagai data awal,” katanya usai memberikan arahan pada kegiatan Apel Linmas di kantor Kecamatan Labuan, Jumat (05/10).

Ia menambahkan, terkait kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam, Linmas juga mempunyai peran penting untuk memberikan informasi kepada masyarakat apabila terjadi bencana alam.

“Bagaimana mereka bisa memperankan kepanjangan tangan kami selaku Muspika untuk memberikan informasi pengamanan diri kepada masyarakat apabila terjadi suatu bencana,” imbuhnya.

Ditempat yang sama, ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Labuan, Ucu Buhori mengatakan, terkait pengamanan Pemilu 2019, pihaknya mengharapkan anggota Linmas untuk dapat memahami tugas dan fungsi Linmas agar Pemilu 2019 dapat berjalan kondusif.

“Bagaimanapun keamanan di TPS tanggungjawab Linmas, kebutuhan kami di Linmas itu 320 orang. Itu yang datang hari ini menyampaikan ke anggota Linmas yang lain,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Labuan, Drs. Atep Purnama berharap agar Linmas dan masyarakat tetap siaga dan waspada mengenai potensi bencana alam yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Mengingat wilayah Kecamatan Labuan juga termasuk daerah pesisir pantai yang rawan terjadi gempa dan tsunami.

“Kita dengar bahwa telah terjadi banyaknya bencana alam di negara kita ini terutama tsunami dan gempa bumi, bukannya kita mengharapkan adanya bencana alam tapi mudah-mudahan dengan ada kesiapsiagaan dari Linmas untuk menanggulangi bencana alam ini, kita berikhtiar berusaha untuk mencegah adanya banyaknya korban apabila terjadi bencana alam,” katanya. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply