» » Gelar Sosialisasi Partisipasi Pemilih, Panwaslu Ajak Semua Element Terlibat

Kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif Pemilu 2019 yang digelar Panwaslu Kecamatan Labuan, di aula Koperasi Hikmah, Rabu (12/12/2018).
KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, menggelar sosialisasi pengawasan partisipatif. Hal ini dilaksanakan sebagai upaya mengajak keterlibatan seluruh elemen masyarakat Kecamatan Labuan untuk terlibat dalam rangka pengawasan jalannya proses Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2019 yang akan digelar pada Rabu 17 April 2019.

Ketua Panwaslu Kecamatan Labuan, Tb. Hasan mengatakan, dalam sosialisasi yang dilaksanakan melibatkan berbagai elemen, mulai dari Muspika, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda dan para pemilih pemula yaitu pelajar tingkat SMA sederajat yang sudah mempunyai hak pilih yang ada di Kecamatan Labuan.

“Kita bersama rakyat untuk sama-sama mensukseskan pileg dan pilpres, karena sesuai dengan tagline kami bersama rakyat awasi pemilu jadi kami tidak bisa sendiri untuk mensukseskan ini jadi kami mengajak masyarakat sama-sama melakukan pencegahan terkait kecurangan-kecurangan yang terjadi di kemudian hari,” kata dia ditemui disela-sela acara di aula koperasi Hikmah, Rabu (12/12).

Dijelaskannya, mengenai partisipasi pemilih dalam pemilu 2019, tambah dia, masyarakat sangat berperan dalam hal ini, diantaranya dengan berpartisipasi dalam menggunakan hak suara.

“Pertama upaya untuk melakukan pencegahan money politik, poin kedua mencegah netralitas ASN dan mengajak masyarakat untuk memilih pada hari H yaitu tanggal 17 April 2019,” ujar dia.

Sementara itu, salah satu narasumber yang mengisi materi yakni Staf Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Iwan menyampaikan, setidaknya ada lima jenis dugaan pelanggaran yang paling sering terjadi dan berhubungan langsung dengan pemilih yaitu data pemilih, kampanye, alat peraga kampanye, politik uang dan pemungutan dan penghitungan suara.

“Kelima hal inilah yang harus masyarakat awasi karena berkaitan langsung dengan pemilih. Untuk itu sangat penting bagi pemilih agar ikut berpartisipasi aktif dalam penyelenggaran pemilu serentak 2019,” kata dia. (Mudofar)

About 93.7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply