» » Angin Puting Beliung Terjang Perumahan Warga di Cigondang

Sebuah rumah tertimpa pohon akibat terjangan angin puting beliung di Kampung Cigondang Pojok, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (06/02/2019).
KRAKATAURADIO.COM, LABUANAngin puting beliung menerjang puluhan rumah milik warga di RT 04 RW 03 Kampung Cigondang Pojok, dan di RW 02 Kampung Cigondang Keramat, Desa Cigondang, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten, Rabu (06/02/2019). Akibatnya, beberapa rumah warga tertimpa pohon yang tumbang, sementara puluhan genteng rumah warga lainnya turut rusak.

Salah satu warga, Itoh menuturkan, pada saat kejadian dirinya berada didalam rumah. Saat itu, hujan deras disertai angin kencang melanda wilayah Kecamatan Labuan dan sekitarnya. Menurut dia, adanya angin puting beliung tidak berlangsung lama.

“Cepet gitu, kalau lama bakal roboh sepertinya. Kira-kira setengah menit semenit ambruk sepertinya. Mau lari keluar (rumah) tapi lihat genteng pada ngelayang segalanya,” ujar dia.


Angin tersebut, kata dia, membuat warga menjadi panik, karena merasa tidak aman didalam rumah. Sementara untuk keluar rumah juga tidak memungkinkan karena banyak puing-puing yang beterbangan.

Warga lainnya, Maria juga menuturkan hal yang sama. Menurut dia, terjangan angin puting beliung membuat genteng rumah yang ia tempati beserta suaminya ikut terbang. Sementara rumah ibunya tertimpa pohon yang tumbang.


“Rumah saya juga kena gentengnya, kalau rumah ibu saya kena pohon, itu di ruangan atas, ada kamar juga. Pada saat kejadian ibu saya ada disitu, tapi alhamdulillah selamat,” katanya.

Berdasarkan pantauan, warga setempat dibantu relawan dari Front Pembela Islam (FPI) ikut membantu warga membersihkan pohon yang menimpa rumah. Peristiwa tersebut sudah diketahui oleh pemerintah Desa setempat dan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Pandeglang.

Kepala Desa Cigondang, Cepi Ahmad Suteja menuturkan, total rumah yang terkena dampak angin puting beliung sebanyak 24 rumah dengan rumah rusak berat sebanyak 5 rumah di Kampung Cigondang Pojok dan Cigondang Keramat.

“Atapnya ada yang roboh, ada yang tertimpa pohon. Ini sudah dilaporkan ke dinsos,” ujar dia.

Ia mengimbau agar masyarakat tetap waspada, mengingat intensitas curah hujan yang diprediksi masih akan terjadi beberapa waktu kedepan.

“Waspada lah intinya sekarang aja kita lagi ngumpulin masyarakat yang kena musibah ini ada bantuan sembako,” ungkapnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply