» » Warga Berduyun-duyun Antusias Ikuti Indonesia Coastal Clean Up, Peserta Capai 600 Orang

 Sesi foto bersama dalam kegiatan Coastal Clean-Up di pantai Karang Tumpeng, Desa Banjarmasin, Kecamatan Carita, kabupaten Pandeglang, Jumat (28/06/2019).
KRAKATAURADIO.COM, CARITA- Sebanyak kurang lebih 600 warga dari berbagai Kecamatan antusias mengikuti kegiatan bersih bersih pantai yang digagas oleh Lembaga Peduli Lingkungan Hidup (LPLH) Banten, Jumat (28/06/2019). Kegiatan ini disuport oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia, Walhi DKI Jakarta, Pemprov Banten dan Pemkab Pandeglang ini.

Kegiatan yang bertempat di Pantai Karang tumpeng Desa Banjarmasin, Kecamatan Carita ini turut pula dihadiri oleh Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Drs. Karliansyah, M.Si, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Banten Ir. H.M Husni Hasan, CES, Asda III Undang Suhendar dan Muspika Kecamatan Carita.

Selain itu 600 warga datang dari berbagai Kecamatan di Kabupaten Pandeglang, diantaranya Kec. Cadasari, Kec. Pandeglang, Kec. Mandalawangi, Kec. Saketi, Kec. Menes, Kec. Pulosari, Kec. Jiput, Kec. Pagelaran, Kec. Panimbang, Kec. Sobang, Kec. Cigeulis, Kec. Cibaliung, Kec. Cibitung, Kec. Sumur, Kec. Labuan dan Kec. Carita.

Sementara organisasi/institusi yang terlibat dalam kegiatan tersebut diantaranya KLHK, Pemprov Banten, Pemkab Pandeglang, instansi terkait, masyarakat, siswa dan siswi SMP hingga SMA, Sekolah Adiwiyata dan Pramuka Saka Kalpataru.

Selain bersih bersih pantai, kegiatan Indonesia Coastal Clean Up (CCU) juga diisi dengan pembagian alat kebersihan kepada warga setempat mulai dari tong sampah hingga Sapu lidi. Dalam kegiatan ini juga sekaligus pemberian hadiah para pemenang Lomba Puisi yang sebelumnya digelar di studio Krakatau Radio Labuan, Selasa (25/06/2019) yang lalu.

Ketua LPLH Banten Ali CHusnadin menuturkan, kegiatan bersih-bersih pantai ini merupakan bentuk keperdulian LPLH Banten pasca bencana tsunami Selat Sunda yang terjadi Desember 2018 lalu yang mengakibatkan banyaknya sampah berserakan terbawa ombak ke daratan dan agar angka wisata kembali tumbuh.

"Kegiatan ini masih akan berlanjut hingga Kecamatan Sumur yang memang terdampak tsunami Selat Sunda. Rencananya Sabtu 29 Juni 2019 kami akan kembali melakukan kegiatan bersih bersih namun tidak dipantai melainkan bersih bersih pasar yang berdekatan dengan pantai seperti pasar Labuan dan pasar Panimbang," katanya.


Kegiatan bersih-bersih sampah, Jumat (28/06).
Sementara itu, Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Drs. Karliansyah, M.Si mengapresiasi kegiatan yang digagas oleh LPLH Banten ini.

"Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan dalam rangka Hari Lingkungan Hidup yang jatuh pada 5 Juni lalu dan kegiatan ini merupakan pantauan ke 3 yang dilakukan oleh kami dari kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI dari tahun 2017-2019 di 18 daerah diseluruh indonesia," ungkapnya.

Ia berharap dengan adanya kegiatan ini masyarakat tergugah untuk terus menjaga lingkungannya sehingga sampah khususnya sampah plastik dilaut menjadi berkurang.

Perlu diketahui, panjang pantai di Provinsi Banten ada 517 Km yang terbentang mulai dari pantai dadap Tangerang hingga pantai Pelabuhan Ratu di perbatasan Sukabumi. Sekitar 315 Km berada di Kabupaten Pandeglang, maka menjadi wajar menjaga kebersihan pantai menjadi priotas utama. (ilaSaety)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply