ADSENSE

» » 10 SDN di Labuan Diakreditasi oleh BANSM

Foto bersama dalam kegiatan visitasi akreditasi sekolah tahun 2019 di SDN Kalanganyar 1, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (27/07/2019).
KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Badan Akreditasi Nasional Sekolah dan Madrasah (BANSM) kembali melakukan pantauan dan peninjauan secara bertahap terhadap sekolah-sekolah disetiap wilayah di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk melihat secara langsung kualitas pembelajaran di setiap sekolah apakah sudah sesuai dengan standar pendidikan nasional atau tidak, yang pada akhirnya dari kegiatan visitasi akreditasi tersebut akan dikeluarkan nilai akreditasi.

Di Kecamatan Labuan sendiri terdapat 10 SDN yang dilakukan pengakreditasian, salah satunya SDN Kalanganyar 1.

Salah satu asesor kegiatan visitasi akreditasi BANSM, Iwan Zulfikar M.Pd menuturkan, instrumen yang digunakan dalam menilai sekolah berdasarkan standar nasional pendidikan, dimana terdapat delapan standar penilaian seperti standar isi, proses, kompentensi lulusan, sarana prasarana, tenaga kependidikan, pengelolaan, pembiayaan dan penilaian pendidikan.

“Semua ada 119 item yang harus dipenuhi oleh sekolah. Masing-masing item harus ada bukti fisik yang standar yang harus dimiliki sekolah,” ujarnya, Sabtu (27/07).


Menurut dia, tugas asesor yakni melihat kualitas pembelajaran, pelayanan pendidikan agar menjamin masyarakat yang menyekolahkan anaknya ke sekolah tersebut apakah sudah memenuhi standar pendidikan atau belum.

“Seperti penunjang pembelajaran dan sebagainya sehingga lembaga pendidikan dapat mendapat kepercayaan sepenuhnya dari masyarakat sebagai klient pendidikan,” tutur dia.

Ditempat yang sama, Kepala sekolah SDN Kalanganyar 1, Sanwani S.Pd menargetkan sekolahnya mendapatkan akreditasi dengan nilai A+. Untuk mencapai target tersebut, berbagai persiapan telah dilakukan.

“Kita harus mengumpulkan dokumen-dokumen dari lima tahun ke belakang yang sudah kita laksanakan kemudian dokumen lain yang diperlukan baik itu tentang kinerja kepala sekolah, dewan guru dan tenaga kependidikan lainnya. Semua itu terangkum dalam delapan standar nasional pendidikan,” katanya.


Ia berharap, dengan adanya visitasi akreditasi tersebut dapat menjadi pemicu bagi para guru dan pihak lainnya untuk memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Pandeglang, khususnya di SDN Kalanganyar 1.

“Bisa memotivasi peningkatan kinerja kami dalam rangka melaksanakan program sekolah sesuai dengan standar nasional pendidikan sehingga tentunya diharapkan adanya peningkatan mutu pendidikan secara bertahap,” imbuh dia. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply