Pandeglang Kekurangan Ahli Jaringan dan Program

Kepala Dinas Komunikasi Informasi Sandi dan Statistik Kabupaten Pandeglang, Yahya Gunawan.
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Kepala Dinas Komunikasi, Informasi, Sandi, dan Statistik (Diskomsantik) Kabupaten Pandeglang, Yahya Gunawan mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang kekurangan SDM yang ahli dalam bidang jaringan dan program dan saat ini hanya mengoptimalkan peran tenaga teknis yang ada.

Di sisi lain, kata dia, jika harus membina atau memberdayakan SDM yang ahli dalam bidang jaringan atau program, Pemkab tidak memiliki anggaran untuk menggaji ahli tersebut.

“Selama ini pelatihan secara berkala terkait Informasi Teknologi (IT) juga tidak dilakukan, sehingga SDM yang ada hanya Learning by Doing,” kata dia.

Yahya menambahkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang telah ditetapkan sebagai peringkat tiga besar dalam penilaian Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) untuk kategori kabupaten tahun ini. Dalam penerapan SPBE, salah satu tantangannya adalah kejahatan siber.

“Pemkab mengamankan aplikasi yang dimiliki dengan cara bekerja sama dengan pihak ketiga dan meminta source code aplikasi dari pihak ketiga sehingga jika terjadi peretasan atau gangguan, maka dapat ditindaklanjuti dengan cepat,” ujarnya.

Selain itu, Yahya mengakui bahwa pihaknya tidak menggunakan Secure Socket Layer (SSL) atau sertifikat digital untuk pengamanan. Namun, pengamanan dilakukan dengan cara menggunakan sub domain dari Pandeglangkab.go.id.

Penggunaan sub domain merupakan upaya untuk memastikan bahwa aplikasi yang diakses merupakan aplikasi milik Pemkab Pandeglang sehingga terhindar dari kejahatan siber berupa Phising atau tindakan memperoleh informasi pribadi.

“Seperti (aplikasi) bebeja, pandeglangkab.go.id, ppid.pandeglangkab.go.id. Subdomain ini mendapat jaminan pengamanan dari provider,” ungkapnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.