» » Jelang Idul Adha, Pedagang Hewan Kurban Sudah Berjualan

Hewan kerbau yang dijual di lapak milik pedagang hewan kurban di Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang.
KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 H/2019 M, penjual hewan kurban seperti kambing dan kerbau mulai menjajakan hewan kurbannya. Harga hewan kurban sendiri bervariasi mulai Rp 1,5 juta untuk kambing sampai dengan Rp 20 jutaan untuk hewan kerbau.

Salah satu penjual hewan kurban, Wawan mengatakan, dirinya sudah memajang hewan kurban sejak Sabtu pekan lalu. Menurut dia, hewan kurban yang ia jual bisa dibeli terlebih dahulu dan dapat diambil ketika menjelang Hari Raya Idul Adha.

Ia menjelaskan, harga hewan ternak yang ia jual bervariasi. Mulai dari Rp 1.5 juta sampai dengan Rp 5 juta sesuai dengan ukuran untuk kambing. Sementara untuk kerbau, dijualnya seharga Rp 14 juta sampai Rp 20 juta.

Hewan ternak tersebut, kata dia, berasal dari beberapa daerah diantaranya Cianjur, Cirebon dan daerah lainnya. Adapun kendala yang dihadapi para penjual hewan ternak, kata dia, yakni menyiapkan pakan yang harus dibeli dan terkait penjagaan di malam hari karena ia menjual hewan kurban 24 jam non stop.

“Kambing yang dari lokal paling kecil, yang lain dari Cianjur, Cirebon tapi gak ada kambing Garut, alasannya karena pola makannya cuaca disana kan dingin, terus pola makannya menak, bagus. Kalau disini kan lagi kemarau begini jadi jangankan makan yang menak, rumput aja susah sampai 30 ribu perkarung,” kata dia saat ditemui dilapaknya di pinggir Kantor Kecamatan Labuan, Kamis (01/08).

Meskipun hewan kurban yang ia jual belum diperiksa kesehatannya oleh pemerintah daerah, namun ia menyatakan kondisi hewan kurban yang ia jual dalam keadaan sehat.

“Belum (diperiksa) biasanya H-3 baru diperiksa, tapi secara kesiapan insha Allah sudah sempurna semua kayanya bagus-bagus lah, tidak ada yang cacat,” ungkapnya. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply