» » Rajut Kedamaian, Kapolres Ajak Warga Papua Rekreasi

Pelajar Papua yang ada di Pandeglang diajak berekreasi oleh jajaran Polres Pandeglang di Coconut Island (CIC) Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Sabtu (14/09/2019).
KRAKATAURADIO.COM, LABUAN - Puluhan pelajar warga Papua diajak berekreasi oleh jajaran Polres Pandeglang, di kawasan wisata Coconot Island (CIC) Desa Caringin, Kecamatan Labuan, Kabupaten Pandeglang, Banten. Kegiatan ini dilakukan pasca kejadian konflik yang melanda Papua beberapa waktu lalu.

Warga Papua ini merupakan siswa tingkat SLTA dan mahasiswa di sejumlah lembaga pendidikan tinggi di Pandeglang.

Kapolres Pandeglang, AKBP Indra Lutrianto Amstono menuturkan, dalam menjaga kedamaian, persatuan dan kesatuan, pihaknya mengajak warga Papua yang ada di Pandeglang untuk berbaur dalam acara rekreasi.

Tujuannya kata dia, untuk menunjukan kerukunan dan persatuan di Indonesia. Selain itu untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelajar Papua yang ada di Pandeglang.

“Jauh dari Papua sana sampai kesini merasa bahwa tidak sendiri. Kami pun juga pernah merasakan ketika merantau tidak ada siapa-siapa dan ketika ada yang mengajak ada yang menjadi saudara tentunya kita sangat bahagia,” kata Kapolres, Sabtu (14/09).

Kapolres pun mengajak kepada pelajar Papua di Pandeglang agar tidak segan untuk bertegur sapa dengan personil kepolisian dan masyarakat lainnya karena Papua merupakan bagian dari Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Harapan kami tentunya kepada adik-adik Papua jangan sungkan-sungkan untuk meminta bantuan atau bertegur sapa kepada kami, silakan. Kami telah menunjuk dua orang personil kami untuk menjadi mentor daripada adik-adik Papua,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh Kapolres Pandeglang ini. Ia menegaskan Bhinneka Tunggal Ika merupakan anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa dan perbedaan satu sama lain untuk saling melengkapi menjadi satu kekuatan.

“Kegiatan yang diinisiasi oleh bapak Kapolres ini bukan kegiatan yang bersifat formalitas namun ini bentuk wujud kepedulian beliau bukan hanya sebagai aparat negara penegak hukum tapi sebagai polisi pelayan yang bertugas untuk mendengar apa yag menjadi kesulitan adik-adik Papua,” ujar dia.

Menurut dia, kewajiban personil kepolisian selain dapat memberikan rasa keamanan juga harus membina seluruh masyarakat.

“Jadi dimanapun kita berada kewajiban kitalah untuk membina masyarakat yang ada di sekitar kita,” tandasnya.

Sementara itu, salah satu siswi Papua, Angelicha Christina mengucapkan terima kasih atas rasa keamanan dan kenyamanan yang diberikan aparat kepolisian di Pandeglang.
Ia mengaku, sejak adanya konflik yang melanda Papua, orangtuanya sempat meminta ia untuk pulang. Namun setelah dia mendapatkan perlakuan yang baik di Pandeglang, niatan tersebut urung dilakukan.

“Jadi karena video kemarin sama bu Irna (Bupati Pandeglang) ada bapak Kapolres terus kaya ya udah yakin gitu aman kan di Pandeglang. Jadi terimakasih buat bapak-bapak semua yang ada di Polres karena saya bisa melanjutkan lagi disini kalau tidak mungkin saya sudah pindah kesana,” terang dia. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply