» » Bawaslu Lakukan Seleksi Ketat Dalam Seleksi Anggota Panwascam

Ketua Bawaslu Pandeglang, Ade Mulyadi.
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pandeglang, Ade Mulyadi mengatakan, dalam rekrutmen anggota Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam), Bawaslu akan memberlakukan seleksi ketat. Hal itu dilakukan berdasarkan evaluasi dari Pemilu 2019.

“Kita kemarin sudah evaluasi. Tentu evaluasi yang kita lakukan itu untuk kebutuhan kita kedepan dalam rangka penjaringan. Panwas mana misalkan yang ada laporan dari masyarakat, ada penilaian dari pihak Bawaslu sendiri terkait dengan kinerja. Kemudian terkait dengan netralitas, ini akan menjadi bahan pertimbangan kita,” kata Ade.

Ia menjamin proses seleksi tersebut melalui proses yang adil dan terbuka. Bahkan tidak ada jaminan anggota Panwascam yang sebelumnya menjabat akan terpilih kembali.

“Artinya tidak 100 persen mereka yang tadinya di Panwas Kecamatan juga akan diangkat belum tentu juga. Yang pertama juga ada syarat administrasi, kemudian ada syarat kompetensi. Nah setelah syarat itu lengkap itu ada uji publik dimana masyarakat juga memberikan masukan,” tambah dia.


Selain itu, Bawaslu juga sudah mengevaluasi kinerja Panwascam di Pemilu 2019. Evaluasi tersebut diharapkan menjadi bahan untuk kinerja Panwascam yang lebih baik lagi.

“Disamping dari awal kita sudah evaluasi terkait kinerja mereka sehingga ketika mereka dilantik menjadi Panwas itu betul-betul punya semangat untuk mengawasi dan memang hasil dari seleksi yang fair,” papar dia.

Saat ini, Bawaslu Pandeglang akan merekrut Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) sebanyak 105 orang yang tersebar di 35 Kecamatan di Kabupaten Pandeglang. Pengumuman pendaftaran ini mulai dilakukan Rabu (13/11/2019). Adapun untuk pendaftaran dan penerimaan berkas akan dibuka pada tanggal 27 November sampai 3 Desember 2019.

Pembentukan Panwascam ini bertujuan sebagai upaya untuk memaksimalkan kerja pengawasan dalam tahapan Pilkada Kabupaten Pandeglang tahun 2020. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply