» » Bisa Cetak Sendiri KTP, Anjungan Dukcapil Mandiri di Pandeglang Akan Launching Tahun Depan

Ilustrasi Anjungan Dukcapil Mandiri (foto kompas.com).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pandeglang, Banten, menyambut baik adanya Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) yang diluncurkan oleh Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Discovery Ancol Taman Impian, Senin (25/11/2019).

Plt Kepala Disdukcapil Kabupaten Pandeglang, Yahya Gunawan mengatakan, ADM ini dirasa sejalan dengan keinginan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang, yang akan membangun mal pelayanan publik di Pandeglang, dimana pelayanan masyarakat akan dibangun di satu tempat.

“Karena kebetulan kita juga sedang mempunyai rencana sedang memproses tahun depan itu ada mal pelayanan publik, nah ini hal yang sangat baik sekali untuk diterapkan di Pandeglang. Paling tidak ada satu ADM di Pandeglang yang bisa dimanfaatkan untuk masyarakat,” kata dia Rabu (27/11).

Ia menuturkan, ADM pada dasarnya digunakan untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus surat-menyurat kependudukan. Namun ia mengatakan, hal itu tidak serta merta bisa dilaksanakan saat ini di kota Sejuta Santri. Sebab, pengadaan barang tersebut berkaitan dengan anggaran di masing-masing daerah. Untuk itu, dirinya akan segera berbicara dengan pucuk pimpinan terkait pengadaan alat tersebut

“Ini dikembalikan kesiapan semua daerah Kabupaten dan Kota. Kalau saya punya pemikiran hasil rapat koordinasi nasional ini harus ditindaklanjuti. Nah kami sudah sepakat kami akan melaporkan kepada ibu Bupati, pak Wakil, pak Sekda bahwa kita sekaligus melaunching mal pelayanan publik didalam mal pelayanan publik itu ada anjungan dukcapil mandiri,” paparnya.

Ia menilai, ADM ini praktis dalam urusan pelayanan administrasi penduduk. Masyarakat hanya menghabiskan waktu kurang lebih 5 menit untuk mencetak seperti KTP, KK, Surat Kematian, dan lain-lain. Selain itu dengan adanya ADM bisa meminimalisir tindakan pungutan liar (pungli).

“Tepat sekali. Saya pun punyai misi yang sama begitu saya ditugaskan oleh ibu Bupati sebagai pelaksana tugas, saya punya tugas itu. Jadi calo-calo yang bermain terus teman-teman saya ada yang kurang baik atau nakal nah ini kedepan akan hilang dengan sendirinya dengan kita menerapkan sistem-sistem yang bisa diyakini bisa menghilangkan hal-hal yang buruk seperti itu,” ujar dia.

Untuk mensosialisasikan adanya ADM tersebut, kata dia, pihaknya akan memberdayakan peran Camat dan Kepala Desa.

“Tentunya kami tidak bisa bergerak sendiri yang pasti kami punya rekan di lapangan. Punya bapak ibu Camat dan Kepala Desa. Nah itu yang dekat dengan masyarakat bisa menyampaikan,” imbuh dia.

Untuk diketahui, Kemendagri meluncurkan Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) di Discovery Ancol Taman Impian, Pademangan, Jakarta Utara, pada Senin (25/11/2019) malam.

Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian mengatakan, ADM ini membuat warga bisa mencetak berbagai kartu identitas yang dikeluarkan Dukcapil seperti KTP, akta kelahiran, akta kematian, KK, dan lain-lain secara mandiri dalam hitungan menit. (Mudofar)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply