Festival Durian di Mutiara Carita, Ribuan Durian Diserbu Wisatawan

Food festival 'All About Durian' diserbu wisatawan yang digelar di Mutiara Carita Cottages (MCC) Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (23/02/2020).
KRAKATAURADIO.COM, CARITA - Ribuan buah durian lokal khas Pandeglang disediakan pengelola Mutiara Carita Cottages (MCC) di Kecamatan Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (23/02/2020). Kegiatan food festival ‘All About Durian’ tersebut digelar untuk menarik wisatawan berkunjung ke salah satu Hotel di Carita tersebut. Bahkan, pengelola menghadirkan Master Chef Agus Sasirangan.

Acara didatangi kurang lebih 600 pengunjung baik wisatawan lokal maupun mancanegara karena selain pesta makan durian dan cooking bersama, terdapat kuliner dan olahan durian seperti ikan gurame saus durian, sambal durian, kopi cemplung durian, durian bakar dan aneka kolak durian.

General Manajer (GM) MCC, Alfanshah Abdullah mengatakan, tujuan diselenggarakannya acara tersebut untuk memperkenalkan kembali destinasi wisata khususnya MCC dan umumnya objek wisata yang ada di Pandeglang, Banten, agar sektor pariwisata di kawasan Carita bisa bangkit lagi pasca diterjang tsunami.

“Untuk meningkatkan pariwisata di Banten, khususnya Carita dan memperkenalkan makanan lokal kepada wisatawan. Kebetulan sekarang ini sedang musim durian, maka kami kenalkan makanan lokal dengan bahan dasar durian,” kata dia.

Ia menerangkan, pihaknya menyediakan 1000 durian dalam food festival ini. Dalam kegiatan itu, para pengunjung tidak hanya bisa menikmati durian, akan tetapi dapat menyaksikan live cooking dari Master Chef Agus Sasirangan.

“Kami berharap melalui kegiatan ini, angka kunjungan wisatawan bisa lebih meningkat lagi,” harapnya.

Hal yang sama dikatakan Komisaris Hotel MCC, Bambang Iryanto. Ia menyebut food festival ‘All Abour Durian’ untuk meningkatkan pariwisata di Pandeglang, khususnya di kawasan Carita. Karena image kurang kondusif terhadap pariwisata di Pandeglang masih cukup besar.

“Padahal kalau dilihat saat ini kondisi wisata di Pandeglang sangat kondusif. Maka dari itu kami berharap melalui even ini mampu menarik wisatawan,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Eneng Nurcahyati mengapresiasi acara festival food durian yang dilaksanakan pengelola wisata MCC. Sebab, kata dia, promosi melalui berbagai media seperti ini dinilai akan mampu mengangkat pariwisata di Banten.

“Di samping untuk mengangkat wisata di Banten, kegiatan ini juga untuk mengenalkan durian lokal dan juga aneka olahan durian,” tuturnya.

Festival durian, lanjut Eneng, juga bisa dijadikan contoh para pelaku industri wisata lain di Banten untuk mengembalikan angka kunjungan wisatawan.

“Kami juga tahun ini punya agenda dalam upaya meningkatkan pariwisata. Mudah-mudahan industri wisata di Banten bisa bangkit lagi,” harapnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.