Temui Menteri ESDM, Irna Harap Geopark Ujung Kulon Segera Jadi Geopark Nasional

Bupati Pandeglang, Irna Narulita menemui Menteri ESDM Arifin Tasrif membahas penetapan Geopark Ujung Kulon menjadi Geopark Nasional, di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Rabu (05/02/2020) .
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita berharap Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berkenan untuk mengeluarkan Surat Keputusan (SK) penetapan Geopark Ujung Kulon menjadi Geopark nasional. Geopark ujung kulon ini dirasa sangat komperensif untuk pemberdayaan dan peningkatan ekonomi masyarakat di berbagai sektor.

Hal tersebut di ungkapkan Irna saat melakukan pertemuan dengan Menteri ESDM, Arifin Tasrif di Gedung Kementerian ESDM Jakarta, Rabu (05/02/2020). Turut hadir dalam pertemuan tersebut Kepala Dinas ESDM Provinsi Banten Eko Palmadi, Assisten Daerah (Asda) Ekbang Indah Dinarsiani, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Pandeglang Asmani dan instansi vertikal lainnya.

Lebih lanjut Irna mengatakan, pihaknya telah menyampaikan kepada Kementerian ESDM bahwa Kabupaten Pandeglang memiliki 30 warisan geologi yang diajukan. Akan tetapi hanya 14 geoheritage yang masuk dalam surat keputusan Menteri ESDM.

“Oleh karena itu hari ini (Rabu,red) saya sengaja melakukan pertemuan menyampaikan terkait perihal ini, beliau (Menteri) sangat mensupport sekali dan berkeinginan untuk segera mengeluarkan surat keputusan bahwa warisan geologi di Kabupaten Pandeglang layak untuk di tetapkan,” kata Irna.


Irna melanjutkan, apabila 14 geoheritage yang di ajukan ini di tetapkan, tentunya menjadi modal dasar Pemerintah daerah untuk melangkah ke tahap selanjutnya yaitu menyampaikan paparan dengan Komite Nasional Geopark Indonesia (KNGI) untuk melakukan penilaian ke 14 geoheritage ini.

“Mudah-mudahan ke 14 warisan geologi ini layak, tentunya Kementerian ESDM akan segera menetapkan menjadi geopark nasional,” tuturnya.

Sementara itu, Tim Pakar KNGI, Ela Ubaidi mengaku sangat mendukung geopark Ujung Kulon di tetapkan menjadi geopark nasional, karena letaknya yang sangat strategis.

“Ini menjadi potensi yang luar biasa. Dengan pengelolaan yang baik tentunya akan berdampak pada peningkatan wisatawan baik nasional maupun wisatawan mancanegara. Selain itu ekonomi dan kesejahteraan masyarakat Pandeglang juga bisa mengalami peningkatan,” ujarnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.