Bupati Minta Langkah Cepat Kepala OPD Tangani Covid-19

Rapat koordinasi penanganan Covid-19 di taman Pendopo, Kamis (26/03/2020).
KRAKATAURADIO.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membuat langkah cepat dalam menanggulangi penyebaran virus corona atau Covid-19 di Pandeglang.

“Dampak Corona ini sangat luas bagi masyarakat, salah satunya kepada ekonomi masyarakat. Kita harus bisa mencari solusi agar masyarakat tenang,” demikian dikatakan Irna saat Rakor dengan kepala OPD di taman Pendopo, Kamis (26/03).

Irna mengatakan, untuk percepatan penanganan Covid-19, akan ada pergeseran anggaran sesuai Instruksi Presiden no 4 tahun 2020. Kegiatan yang tidak ada dampaknya kepada masyarakat, kata Irna, akan digeser dalam rangka percepatan penanganan Covid 19 di Pandeglang.

Irna juga berharap semua OPD membuat langkah konkrit dalam membuat program kegiatan untum percepatan penanggulangan Covid-19.

“Siapa melakukan apa, karena penyebaran Covid-19 berdampak ke berbagai sektor baik salah satunya sosial ekonomi,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Pandeglang, Nuriah mengatakan, pihak Dinsos akan mengeluarkan Bantuan Sosial (Bansos) bagi para Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan keluarga yang melakukan langkah isolasi diri.

“Bantuan sosial yang kami berikan berupa beras dengan perhitungan orang kali beras 400 gram kali 14 hari,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pandeglang, Rd Dewi Setiani mengatakan, kelengkapan Alat Pelindung Diri (APD) bantuan dari Provinsi Banten berjumlah 25 set. Semua itu sudah diserahkan ke RSUD Berkah.

Selain APD, kata dia, Pandeglang juga mendapat bantuan Rapid Tes sebanyak 250 buah yang akan digunakan bagi para Orang Dalam Pemantauan (OPD), Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan tenaga kesehatan.

“Tenaga kesehatan yang kontak langsung akan di tes. Memang saat ini masih kesulitan untuk mendapatkan alat ini karena stoknya terbatas,” pungkasnya. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.