Hadapi Virus Corona, Gubernur: Tetap Tenang, Stok Pangan Tidak Akan Habis

Pencegahan virus corona dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten.
KRAKATAURADIO.COM, BANTEN - Menanggapi kepanikan berlebihan yang dirasakan masyarakat akibat telah masuknya wabah virus corona (COVID-19) ke Indonesia, Gubernur Banten, Wahidin Halim mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak bertindak berlebihan seperti memborong bahan makanan pokok di pusat-pusat perbelanjaan yang justru menimbulkan kepanikan yang lebih luas kepada masyarakat lainnya.

Gubernur memastikan, stok bahan makanan pokok untuk masyarakat Banten dalam kondisi aman dan tidak akan habis.

“Ketersediaan ini tentunya diharapkan bisa menenangkan kepanikan masyarakat Banten. Sekali lagi jangan panik, stok tidak akan habis,” tegas Gubernur seperti press release yang disampaikan Humas Banten, Selasa (03/03).

Gubernur menyatakan, pihaknya telah menerima laporan dari ritel-ritel yang ada di Banten bahwa sejak adanya WNI yang positif virus corona, telah terjadi panic buying atau masyarakat yang memborong bahan-bahan kebutuhan pokok sehingga menimbulkan kepanikan kepada masyarakat yang lain karena ada kekhawatiran bahwa stok akan habis.

“Setelah saya berkomunikasi dengan Bulog Provinsi Banten dan di dalamnya termasuk Dinas Perindustrian dan Perdagangan, bahwa pemerintah menjamin stok bahan pangan aman,” tegasnya.

Baca: Indonesia Positif Corona, Bupati Minta Masyarakat Tetap Tenang

Selain itu, Gubernur juga mengimbau masyarakat karena sehubungan dengan meningkatnya berita terkait virus corona yang berakibat dan berdampak terjadinya kepanikan publik atau masyarakat, agar tetap tenang namun tetap waspada dengan tetap menjaga kesehatan sebagaimana yang dianjurkan baik oleh dinas maupun pusat pelayanan kesehatan lainnya.

“Kalau tubuh kita sehat, pola hidup kita sehat, Insya Allah virus apapun tidak bisa menyerang. Lingkungan juga dijaga agar selalu bersih, makan-makanan yang sehat dan bergizi,” ujarnya.

Gubernur juga mengajak masyarakat Banten agar lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT untuk memohon perlindungan dan turut mendoakan bersama-sama agar wabah virus ini segera berlalu dan masyarakat Indonesia dan negara-negara lainnya tidak ada lagi yang terinfeksi virus tersebut.

“Bagaimanapun mereka adalah saudara kita, mari kita doakan agar semuanya kembali sehat dan normal,” pungkasnya.

Berdasarkan data stok sumber Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) per bulan Februari 2020, sebanyak 942.982.58 kilogram beras aman tersedia untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakat se-Provinsi Banten. (Mudofar)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.