» » Indonesia Positif Corona, Berikut 10 Cara Mencegah Penyebaran Virus Corona



Kasus virus corona Covid-19 telah mewabah di berbagai belahan dunia. Terbaru, Indonesia mengonfirmasi dua kasus infeksi virus ini telah terjadi. Hingga Senin (2/3/2020), tercatat lebih dari 89.000 kasus infeksi Covid-19 di dunia dengan lebih dari 3.000 kasus kematian. Sejumlah pihak yang terkait dengan upaya mitigasi maupun pengendalian penyakit menular telah mengeluarkan berbagai imbauan. Selain pencegahan, ada juga prosedur yang disampaikan bagi pasien terduga ataupun yang merasa mengalami gejala virus corona Covid-19. Upaya tersebut dibutuhkan untuk membantu mencegah penyebaran penyakit ke orang lain di lingkungan sekitar. 

Melansir laman resmi Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (CDC) , berikut adalah langkah-langkah yang dapat dilakukan jika anda merasa sakit dan curiga dengan gejala Covid-19:

1. Tinggal di rumah Anda harus membatasi aktivitas di luar rumah, kecuali untuk memperoleh layanan kesehatan. Selain itu, disarankan untuk tidak pergi bekerja, ke sekolah, atau mengunjungi tempat-tempat publik. Hindari menggunakan transportasi publik, berbagi kendaraan, atau taksi. 

2. Memisahkan diri dari orang lain atau hewan Sebisa mungkin, tinggalah di tempat khusus yang terpisah dari orang lain di rumah. Selain itu, juga disarankan untuk menggunakan kamar mandi yang berbeda. Kemudian, jangan memegang binatang peliharaan ataupun hewan lain saat sakit.

3. Mengunjungi layanan kesehatan Sebelum mengunjungi layanan kesehatan, anda dapat menghubungi dokter untuk memastikan apakah anda mungkin mengalami Covid-19 atau tidak.  Langkah ini dapat membantu penyedia layanan kesehatan untuk mengambil langkah sekaligus menjaga orang lain untuk terinfeksi atau terpapar.  

4. Menggunakan masker Ketika sakit, anda harus menggunakan masker saat berada di sekitar orang lain, binatang peliharaan, atau jika akan memasuki kantor penyedia layanan kesehatan. Jika anda tidak dapat menggunakan masker, orang yang tinggal bersama anda tidak diperbolehkan untuk berada dalam ruangan yang sama. Atau sebaliknya, orang tersebut harus menggunakan masker ketika masuk ke ruangan anda. Baca juga: Cara Melindungi Diri dari Penularan Virus Corona yang Disarankan WHO

5. Menutupi batuk dan bersin Tutupi mulut dan hidung anda dengan tisu ketika batuk atau bersin. Buang tisu yang telah digunakan dalam tempat sampah.  Setelah itu, segera mungkin cuci tangan dengan sabun dan air selama setidaknya 20 detik. Selain itu, bisa juga membersihkan tangan dengan pembersih tangan yang mengandung 60 persen hingga 95 persen alkohol. Sabun dan air harus digunakan jika tangan terlihat kotor.

 6. Menghindari penggunaan alat-alat pribadi bersama Penggunaan alat-alat pribadi bersama yang harus dihindari misalnya adalah gelas, peralatan makan, dan handuk. Setelah digunakan, peralatan tersebut harus segera dicucui dengan sabun dan air.  Baca juga: Indonesia Positif Corona, Berikut Gejala Virus Corona pada Manusia 

7. Sering mencuci tangan Cuci tangan lebih sering dengan menggunakan sabun dan air setidaknya 20 detik. Jika sabun dan air tidak tersedia, cucilah tangan dengan pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol.

8. Membersihkan permukaan benda yang sering disentuh Permukaan benda yang seringkali disentuh, termasuk meja, gagang pintu, perlengkapan kamar mandi, toilet, telepon, keyboard, tablet, hingga tempat tidur. Selain itu, bersihkan pula semua permukaan yang mungkin tersentuh darah, feses, atau cairan tubuh. Gunakan semprotan pembersih dan lakukan pembersihan sesuai instruksi atau petunjuk yang tertera. Misalnya, prosedur pemakaian sarung tangan hingga ventilasi yang cukup saat penggunaan semprotan pembersih. Baca juga: Indonesia Konfirmasi Kasus Positif, Ini A-Z yang Perlu Diketahui soal Virus Corona 

9. Memperhatikan gejala yang muncul Carilah pertolongan medis sebelum penyakit semakin memburuk. Sebelum mencari layanan tersebut, jangan lupa untuk menghubungi terlebih dahulu dan menceritakan apa yang dialami untuk segera dievaluasi.  Gunakan masker sebelum menuju layanan kesehatan. Bertanyalah kepada layanan kesehatan untuk menghubungi kewenangan kesehatan di negara atau wilayah tersebut.  Orang yang berada di bawah pengawasan aktif ataupun pengawasan sendiri harus mengikuti instruksi yang disediakan oleh departemen kesehatan setempat.  Jika anda memiliki kondisi darurat, hubungi hotline dari kewenangan kesehatan setempat. Jika memungkinkan, gunakan masker sebelum petugas medis darurat datang. 

 10. Penghentian isolasi rumah Pasien yang dikonfirmasi Covid-19 harus tetap berada dalam rumah sebagai tindakan pencegahan hingga risiko penularan kepada orang lain dianggap telah menurun.  Keputusan untuk tidak melanjutkan tindakan pencegahan isolasi rumah ini harus dilakukan berdasarkan kasus per kasus.  Pengambilan keputusan tersebut harus telah berdasarkan konsultasi dengan penyedia layanan kesehatan dan kewenangan kesehatan negara maupun lokal. (kompas.com)

About 93,7 Krakatau Radio

Terimakasih telah berkunjung di Krakatau Radio.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments:

Leave a Reply